Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rebound Jelang Pertemuan OPEC

Jumat, 12 Desember 2008 – 07:11 WIB
Rebound Jelang Pertemuan OPEC - JPNN.COM
INVESTOR mulai mengantipasi kemungkinan OPEC mengurangi produksi pada pertemuan di Aljazair 17 Desember mendatang. Hasilnya, harga minyak dunia sedikit menguat (rebound) kemarin (11/12). Hal itu juga terjadi setelah Arab Saudi mengatakan bahwa produksi negara itu mendekati target yang ditetapkan OPEC. Ini sinyal bahwa negara pengekspor minyak terbesar di dunia itu akan menyetujui pemangkasan produksi.

Harga minyak merangkak naik setelah dua hari lalu Menteri Perminyakan Arab Saudi Ali al-Naimi mengatakan bahwa negaranya mrmproduksi 8,493 juta bpd pada November. Jumlah itu mendekati kuota OPEC sebesar 8,477 bpd.

''Sebelumnya, semua meminta Arab Saudi untuk memproduksi sesuai kebutuhan atau harganya terus turun,'' kata Ehsan Ul-Haq, head of research JBC Energy GmbH. ''Sekarang, Saudi bisa bilang telah melakukan bagian mereka. Yang lain diliran harus melakukan hal yang sama,'' lanjutnya.

Harga minyak mentah untuk pengiriman Januari naik USD 1,53 per barel (3,5 persen) menjadi USD 45,05 per barel di New York Mercantile Exchange. Di London, minyak ditransaksikan pada level USD 45,04 per barel kemarin pagi. Minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari juga naik USD 1,19 (2,8 persen) menjadi USD 43,59 per barel di London.

INVESTOR mulai mengantipasi kemungkinan OPEC mengurangi produksi pada pertemuan di Aljazair 17 Desember mendatang. Hasilnya, harga minyak dunia sedikit

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA