Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Refleksi 79 Tahun Kemerdekaan RI, Pieter Zulkifli: Korupsi Mewabah di Banyak Sektor

Sabtu, 03 Agustus 2024 – 11:57 WIB
Refleksi 79 Tahun Kemerdekaan RI, Pieter Zulkifli: Korupsi Mewabah di Banyak Sektor - JPNN.COM
Mantan Ketua Komisi III DPR Pieter C. Zulkifli Simabuea. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Ketua Komisi III DPR RI Pieter Cannys Zulkifli menilai Indonesia belum sepenuhnya menyadari potensi ekonominya mengingat negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah.

Hal tersebut, menurut dia, karena kombinasi berbagai faktor, termasuk korupsi, ketergantungan yang berlebihan pada ekspor komoditas, dan investasi yang tidak memadai dalam sumber daya manusia.

“Mengapa negara-negara kaya akan minyak seperti Venezuela justru mengalami krisis ekonomi yang berkepanjangan? Jawabannya mungkin lebih kompleks. Ketergantungan berlebihan pada satu komoditas, korupsi, dan kurangnya inovasi adalah beberapa faktor yang sering disebut sebagai kutukan sumber daya alam,” kata Pieter dalam keterangannya, Sabtu (3/8), dalam rangka merefleksi Hari Kemerdekaan RI.

“Indonesia, dengan kekayaan alam yang melimpah, juga tidak luput dari ancaman kutukan ini,” sambung Pieter.

Selama beberapa dekade, Indonesia telah bergulat dengan kutukan sumber daya, sebuah fenomena di mana negara-negara yang diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah. Namun, negara gagal mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan pembangunan yang merata.

“Inilah paradoks Indonesia. Negeri yang diberkahi dengan sumber daya alam yang melimbah, namun relatif miskin dalam banyak hal lainnya. Seperti masih banyaknya penduduk berjuang melawan kemiskinan dan ketimpangan. Korupsi pun merajalela, tak terkecuali korupsi di sektor sumber daya alam,” papar Pieter.

Pieter menerangkan kasus-kasus korupsi yang melibatkan sumber daya alam cukup banyak, mulai dari pertambangan ilegal, penyelundupan hasil hutan, hingga penyalahgunaan dana hutan untuk kepentingan pribadi. Hal ini menunjukkan betapa merajalelanya praktik korupsi di sektor ini.

“Korupsi di sektor sumber daya alam yang merajalela menyebabkan hilangnya potensi pendapatan negara dan merusak lingkungan,” terang Pieter.

Indonesia telah bergulat dengan kutukan sumber daya, sebuah fenomena di mana negara-negara yang diberkahi dengan kekayaan alam yang melimpah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA