Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pieter Zulkifli Dianggap Punya Pengalaman untuk Memimpin KPK

Minggu, 21 Juli 2024 – 15:52 WIB
Pieter Zulkifli Dianggap Punya Pengalaman untuk Memimpin KPK - JPNN.COM
Mantan Ketua Komisi III DPR Pieter C. Zulkifli Simabuea. Foto: Dokpri

jpnn.com, JAKARTA - Dosen Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (FH USU) Hadyan Yunhas Purba menilai Capim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) haruslah berdasarkan kemampuan personal dan integritas pribadi mereka, bukan sekadar latar belakang kelembagaan.

“Kami tidak mau menjustifikasi asal muasal lembaga seseorang, ketika mungkin ada insan atau oknum melakukan kesalahan, jangan justifikasi lembaganya. Itu kesalahan orangnya,” kata Hadyan dalam keterangannya, Minggu (21/7).

Adapun para kandidat Capim KPK memiliki latar belakang yang beragam. Mulai dari anggota Polri, kejaksaan, Aparatur Sipil Negara (ASN), praktisi hukum, akademisi, swasta, mantan menteri hingga mantan Ketua Komisi III DPR.

Salah satu nama pendaftar Capim KPK yang menarik perhatian adalah mantan Ketua Komisi III DPR Pieter C. Zulkifli Simabuea. Eks Ketua Komisi III DPR yang membidangi hukum dan HAM itu menjadi salah satu dari 318 orang yang ikut mendaftar sebagai Capim KPK.

Ketika ditanya terkait Eks Ketua Komisi III DPR ikut dalam seleksi Capim KPK, Hadyan menyambut positif.

“Saya katakan penting melihat track record. Katakanlah ada orang mantan anggota DPR, bagus itu, apalagi dia mantan anggota Komisi III, artinya dia sudah pengalaman,” beber Hadyan.

Pieter diketahui saat ini sudah tidak menjadi anggota partai politik mana pun, Hadyan menegaskan, berbicara KPK selain soal track record dan integritas juga harus melihat kompetensinya dan semaksimal mungkin mengesampingkan aspek politik.

“Sah sah saja (Eks Ketua Komisi III daftar capim KPK) malah lebih bagus dia (Pieter Zulkifli) sudah tidak terikat lagi dengan partai, bahkan lebih bagus karena tidak ada lagi istilahnya kuasa partai untuk mengintervensi dia,” tutur Hadyan.

Salah satu nama pendaftar Capim KPK yang menarik perhatian adalah mantan Ketua Komisi III DPR Pieter C. Zulkifli Simabuea.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA