Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Rekomendasi Policy Center ILUNI UI Tentang Kebijakan Pemerintah untuk UMKM

Selasa, 23 Juni 2020 – 02:10 WIB
Rekomendasi Policy Center ILUNI UI Tentang Kebijakan Pemerintah untuk UMKM - JPNN.COM
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki. Foto: Dok. ILUNI UI

jpnn.com, JAKARTA - Pada tanggal 20 Juni 2020, Policy Center Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Policy Center ILUNI UI), kembali mengeluarkan rekomendasi kebijakan untuk pemerintah.

Rekomenasi dimaksud berjudul Pandemi Covid-19 dan New Normal: Rekomendasi Kebijakan Pemerintah untuk UMKM.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki dalam sambutannya memberikan apresiasi akan hadirnya policy paper ini sebagai masukan bagi pemerintah.

“UMKM ini pada tahun 1998 menjadi pahlawan dalam menyelamatkan sektor ekonomi kita, kali ini salah satu sektor yang terdampak.”

Lebih lanjut, Menteri Teten menyatakan bahwa policy paper ini akan menjadi salah satu masukan bagi kebijakan pemerintah.

“Ini dapat menjadi salah satu masukan dari bagian strategi nasional, salah satu masukan guideline policy, sebagai pedoman,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian menegaskan sektor UMKM adalah sektor yang vital bagi roda perekonomian rakyat di masa Pandemi Covid-19.

Dengan kontribusi UMKM kepada Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61 persen dan penyerapan tenaga kerja sebesar 97% (2018), menurut Andre, sektor UMKM memiliki nilai strategis dalam pemulihan perekonomian nasional.

loading...