Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rekrutmen Satu Juta Guru PPPK, Satriwan: Pemerintah Berpotensi Dapat Rekor MURI

Rabu, 06 Januari 2021 – 21:19 WIB
Rekrutmen Satu Juta Guru PPPK, Satriwan: Pemerintah Berpotensi Dapat Rekor MURI - JPNN.COM
ILUSTRASI. Rekrutmen PPPK 2021. Foto: Radar Ngawi/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Target pemerintah merekrut satu juta guru PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) tahun ini dinilai terlalu besar dan berpotensi sulit terpenuhi karena waktu sosialisasi yang minim.

"Saya melihat ini target yang sangat ambisius. Satu juta guru selama satu tahun bukan angka yang kecil," kata Koordinator Nasional Perhimpunan Pendidikan dan Guru (P2G) Satriwan Salim yang dihubungi JPNN.com, Rabu (6/1).

Dengan target sebesar itu, Satriwan malah mempertanyakan apa sebenarnya maksud pemerintah menyediakan formasi satu juga guru PPPK. Apakah benar untuk memenuhi kekurangan guru atau ada tujuan lainnya.

Sebab, katanya, sejak 2014 pemerintah tidak melakukan rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) dan 2018 digelar penerimaan CPNS sekitar 200 ribu. Kemudian 2019/2020 rekrutmen 75 ribu PPPK dan 150 ribu CPNS.

Selain itu ada kesepakatan bersama antara pemerintah dengan DPR RI untuk penyelesaian masalah honorer hanya sampai 2023.

"Saya tidak tahu ya, apakah ini ada keterkaitannya. Yang pasti saya lihat pemerintah sepertinya berpotensi dapat rekor MURI bahkan The Guinness Book of Records," tutur Satriwan.

Selain itu, kata Satriwan, yang menjadi tanda tanya besar saat ini adalah apakah postur keuangan negara di APBN/APBD sanggup menanggung itu semua.

Terlebih lagi dalam kondisi pandemi Covid-19 yang masih mengancam dan penanganannya cukup menguras kas negara.

P2G mempertanyakan tujuan utama pemerintah melakukan rekrutmen satu juta guru PPPK 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close