Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rektor Undip soal Kematian Dokter Aulia Risma Lestari: Untuk Apa Kami Menutupi?

Selasa, 03 September 2024 – 09:05 WIB
Rektor Undip soal Kematian Dokter Aulia Risma Lestari: Untuk Apa Kami Menutupi? - JPNN.COM
Rektor Universitas Diponegoro Suharnomo. FOTO: Humas Undip.

jpnn.com - Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Suharnomo menyebut kematian mahasiswi PPDS (Program Pendidikan Dokter Sepesialis) Anestesi Aulia Risma Lestari menjadi momentum evaluasi bersama.

Suharnomo mengatakan evaluasi itu tidak hanya terkait penyelengaraan pendidikan dokter spesialis, tetapi juga untuk semua pemangku kepentingan.

"Dengan segala hormat, tanpa bermaksud mendahului semua proses pemeriksaan yang dilakukan kepolisian dan kementerian, kami berharap peristiwa ini menjadi momentum evaluasi bersama," katanya, dalam keterangan tertulis yang diterima JPNN.com, Senin (2/9).

"Tidak bijaksana kalau peristiwa ini menjadi wacana dan polemik serta perdebatan semata. Jangan pula menjadi bahan untuk menyalahkan satu dan lainnya," katanya.

Suharnomo menilai bahwa penyelidikan peristiwa meninggalnya dokter Aulia sudah menjadi bola liar yang berpotensi merugikan semua pihak.

Menurutnya, jika itu dibiarkan, bukan saja penyelenggara pendidikan tinggi yang dirugikan, efeknya bisa ke mana-mana termasuk mengganggu komitmen untuk menyediakan dokter spesialis yang dicanangkan pemerintah.

"Kita juga punya kewajiban moral menjaga rasa hati keluarga almarhumah dokter Aulia yang pasti akan lebih suka jika apa yang mereka alami menjadi sesuatu yang dikenang karena membawa kebaikan dalam kehidupan bersama," kata Suharnomo.

Karena itu, dirinya mengajak semua pihak mengakhiri perdebatan yang tidak produktif, melakukan evaluasi, dan menatap ke depan melakukan hal-hal yang menjadi tugas dan kewajiban masing-masing kembali.

Rektor Universitas Diponegoro (Undip) Suharnomo menilai kematian mahasiswi PPDS Undip, dokter Aulia Risma Lestari menjadi bola liar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA