Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rencana Prabowo Optimalkan Pajak di Program Makan Gratis Mengancam Pembangunan IKN

Jumat, 22 Desember 2023 – 00:00 WIB
Rencana Prabowo Optimalkan Pajak di Program Makan Gratis Mengancam Pembangunan IKN - JPNN.COM
Ilustrasi - Pasangan Capres Prabowo-Gibran. Foto : Ricardo.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Salah satu program andalan yang disuarakan pasangan capres-cawapres nomor urut dua pada Pemilu 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming adalah makan siang gratis.

Program yang bakal memakan anggaran sebesar Rp 400 triliun itu disebut bersumber dari pengoptimalan penerimaan negara berupa pajak.

Pengamat ekonomi Bhima Yudhistira menilai pemakaian hasil pajak untuk program tersebut berpotensi berdampak bagi perekonomian nasional. Bahkan, mengganggu program yang sudah dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Belanja rutin pemerintah bisa dikalahkan misalnya belanja pegawai dan belanja barang, kemudian program infrastruktur juga terancam tidak jalan," kata Bhima ketika dihubungi JPNN, Kamis (21/12).

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan pun bisa terganggu, bahkan terancam tidak berlanjut ketika program makan siang gratis ala Prabowo dipaksakan.

"Jadi, akan ada kontradiksi antara mempertahankan makan siang gratis dan melanjutkan IKN," ujar Bhima.

Pria yang juga Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) itu menyebut apabila Prabowo-Gibran mengandalkan penerimaan pajak saat ini, pastinya Rp 400 triliun anggaran untuk makan siang gratis tidak akan cukup.

"Apalagi APBN-nya defisit. Kecuali tim ekonomi Prabowo bisa melakukan lima strategi perpajakan," ujar Bhima.

Pengamat ekonomi Bhima Yudhistira menilai program makan siang ala Prabowo-Gibran tidak baik bagi pembangunan ketika dipaksakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close