Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rerie Ingatkan Pemerintah, Perlu Langkah Strategis Atasi Penambahan Positif Covid-19

Senin, 28 Desember 2020 – 21:56 WIB
Rerie Ingatkan Pemerintah, Perlu Langkah Strategis Atasi Penambahan Positif Covid-19 - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan tingkat pertambahan penyandang positif Covid-19 di tanah air makin tinggi.

Dia mengingatkan para pemangku kepentingan diminta segera mengambil langkah strategis untuk mengatasi kondisi tersebut.

"Berdasarkan data Satgas Covid-19 pada Minggu (27/12) terdapat 6.528 kasus positif dari 29.425 orang yang diperiksa. Sehingga positivity rate harian mencapai 22,1 persen," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/12).

Masih berdasarkan catatan Satgas Covid-19 di hari yang sama, DKI Jakarta menjadi provinsi dengan penambahan kasus paling tinggi sebanyak 1.997 kasus, disusul Jawa Barat sebanyak 892 kasus dan Jawa Tengah sebanyak 785 kasus baru.

Mengutip pendapat epidemiolog, Lestari mengungkapkan, angka positivity rate yang menyentuh level double digit menunjukkan setidaknya dua hal. Pertama, wabah belum bisa dikendalikan dan yang kedua kondisi itu juga menunjukkan tes yang kurang representatif.

Sosok yang karib disapa Rerie itu menambahkan melihat dua kemungkinan di atas evaluasi terhadap tata kelola tes Covid-19 harus segera dilakukan, agar hasil tes yang ada bisa dipakai sebagai data yang valid.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menegaskan dalam upaya pengendalian penyebaran Covid-19 yang bersifat masif di tanah air, data memiliki peranan penting untuk pengambilan kebijakan dalam pengendalian wabah.

Rerie berharap para pemangku kepentingan dan masyarakat bersama-sama bisa menjalankan strategi pengendalian yang telah disepakati bersama. Sebagai contoh, ujar Rerie, masyarakat harus disiplin melaksanakan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Rerie berharap para pemangku kepentingan dan masyarakat bersama-sama bisa menjalankan strategi pengendalian yang telah disepakati bersama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close