Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resmikan Museum Soekarno, Megawati Disuguhi Foto yang Bikin Merinding

Minggu, 22 November 2015 – 17:51 WIB
Resmikan Museum Soekarno, Megawati Disuguhi Foto yang Bikin Merinding - JPNN.COM
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (kiri) bersama putranya, Prananda Prabowo tengah melihat sebuah foto hasil reproduksi tahun 1970. Foto yang memperlihatkan Megawati menggendong Prananda itu dipajang di Museum Soekarno di Denpasar, Bali yang diresmikan Minggu (22/11). Foto: DPP PDIP for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ini kabar baik bagi penggemar Soekarno beserta memorabilianya. Sebuah perpustakaan sekaligus museum yang menyimpan jutaan koleksi Bung Karno -sapaan tenarnya- telah diresmikan dan terbuka untuk umum.

Museum itu berada di Denpasar, Bali. Koleksinya antara lain berupa tulisan, naskah pidato, lukisan, hingga tempat tidurnya.

Putri Bung Karno sekaligus Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri meresmikan museum dan perpustakaan yang berlokasi di Jalan Raya Puputan, Denpasar itu, Minggu (22/11). Setelah meneken prasasti peresmian, ketua umum PDI Perjuangan itu lantas melihat-lihat koleksi museum dengan menyusuri bangunan yang terdiri dari empat lantai tersebut.

Terlihat mendampingi Megawati antara lain putranya, Prananda Prabowo yang juga ketua DPP PDIP bidang ekonomi kreatif. Ada juga Wakil Sekjen PDIP Erico Sotarduga Sitorus, anggota FPDIP Rieke Diah Pitaloka, serta Ketua DPD PDIP Bali, I wayan Koster.

Sebagaimana siaran pers DPP PDIP,  Ketua Yayasan Perpustakaan Bung Karno, Gus Marhaen mengatakan, museum dan perpustakaan itu memiliki 1.450.000 barang koleksi. Bahkan ada barang milik Bung Karno saat masih kecil. Antara lain radio, tempat tidur, kursi dan juga foto-foto. "Ada yang asli dan ada yang hasil reproduksi,” ujar Gus Marhaen saat menyampaikan kata sambutan pada persemian itu.

Ia mengharapkan Perpustakaan dan Museum Bung Karno bisa bermanfaat terutama bagi generasi penerus yang ingin mewarisi semangat dan pemikiran Proklamatir RI itu. “Semoga generasi penerus bangsa bisa menikmati pemikiran dan prinsip-prinsip yang dipegang Bung Karno semasa hidupnya," ucapnya.

Namun, memang tidak semua koleksi khusus tentang Soekarno. Ada pula foto Megawati di era 1970-an yang menurut Gus Irawan sangat menyentuh hati. Foto hasil reproduksi itu menunjukkan Megawati tengah menggendong putranya, Prananda Prabowo. “Kami merinding melihat foto itu," tutur Gus Marhaen.

Ada kisah menyentuh yang berkaitan dengan foto itu. Sebab, Prananda yang dilahirkan pada 23 April 1970, tak pernah bertemu langsung dengan ayahnya, Lettu Penerbang Surindro. Nanan -sapaan Prananda- memang masih di kandungan Megawati saat Surindro dengan pesawat Skyvan T-701 milik TNI AU dinyatakan hilang di wilayah Biak, Papua Barat.

JAKARTA - Ini kabar baik bagi penggemar Soekarno beserta memorabilianya. Sebuah perpustakaan sekaligus museum yang menyimpan jutaan koleksi Bung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close