Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Resmikan Program Kemitraan Closed Loop di Simalungun, Begini Harapan Menko Airlangga

Kamis, 22 Juni 2023 – 23:24 WIB
Resmikan Program Kemitraan Closed Loop di Simalungun, Begini Harapan Menko Airlangga - JPNN.COM
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meresmikan program kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura di Kawasan Pertanian Terpadu Simalungun (KPT-S) di Desa Nagori Panribuan, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Kamis (22/6). Foto: Dokumentasi Humas Kemenko Perekonomian

jpnn.com, SIMALUNGUN - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan sejumlah harapan saat meresmikan program kemitraan Closed Loop Agribisnis Hortikultura di Kawasan Pertanian Terpadu Simalungun (KPT-S) di Desa Nagori Panribuan, Kecamatan Dolok Silau, Kabupaten Simalungun, Kamis (22/6).

Program kemitraan closed loop di Kabupaten Simalungun dengan luas lahan sebesar 2.500 hektare merupakan implementasi kedua di Sumatera Utara (Sumut).

Resmikan Program Kemitraan Closed Loop di Simalungun, Begini Harapan Menko Airlangga

Sebelumnya Kabupaten Deli Serdang yang juga telah mengembangkan closed loop hortikultura pada lahan seluas 1.500 hektare pada tahun 2022 lalu.

"Kami akan mendorong tidak hanya ke swasta melainkan juga ke BUMN, dengan ini saya berharap bahwa tujuan (pengembangan) hortikultura dapat tercapai,” kata Menko Airlangga melalui keterangan tertulis, Kamis (22/6).

Menko Airlangga menyampaikan pemerintah telah menginisiasi model kemitraan closed loop agribisnis hortikultura dengan melibatkan petani, koperasi, perbankan, offtaker dan pelaku usaha dari hulu hingga hilir.

Program kemitraan tersebut bertujuan meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan petani melalui pendampingan proses budi daya dan kepastian akses pasar.

Selain sektor pertanian, Program Kemitraan Closed Loop di Kabupaten Simalungun juga akan mengembangkan beberapa sektor lainnya mulai dari sektor peternakan, seperti unit pengolahan pupuk organik dan urban farming unggas.

Begini harapan Menko Airlangga saat meresmikan program kemitraan closed loop di Kabupaten Simalungun, Sumut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close