Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Bappenas Soal Ancaman Resesi Ekonomi Bagi Indonesia

Rabu, 11 September 2019 – 03:23 WIB
Respons Bappenas Soal Ancaman Resesi Ekonomi Bagi Indonesia - JPNN.COM
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang Brodjonegoro. FOTO: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perencanaan Pembangunan/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro ikut merespons resesi ekonomi global yang berpotensi mengancam sektor keuangan nasional sebagaimana disampaikan Bank Dunia.

Bambang bahkan termasuk yang menilai bahwa resesi ekonomi itu sekarang sedang melanda sejumlah negara di dunia.

"Intinya resesi global sudah terjadi beberapa negara, Turki, Argentina, Afsel (Afrika Selatan) sudah mengalami. Pasti ini berimbas ke banyak negara," kata Bambang di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (10/9).

Untuk itu, lanjut mantan menteri keuangan itu, Indonesia harus menyiapkan langkah antisipasinya. Diketahui, persoalan ini juga sudah dibahas dalam rapat terbatas yang dipimpin Presiden Joko Widodo atau Jokowi, pekan lalu.

"Jadi sekarang kita harus melihat risiko itu dan mengantisipasi. Misal mempertahankan daya beli, memastikan inflasi tetap rendah," jelas Bambang.

Menteri yang pernah menjadi staf pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), juga menyampaikan bahwa investasi harus terus didorong, terutama investasi langsung dari pemerintah.

"Pembangunan proyek infrastruktur dan PSN juga harus dilaksanakan untuk mendorong adanya pergerakan investasi," tandasnya. (fat/jpnn)

Menteri Perencanaan Pembangunan/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro ikut merespons resesi ekonomi global yang berpotensi mengancam sektor keuangan nasional sebagaimana disampaikan Bank Dunia.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close