Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Membaik, Dokter Leluasa Fisioterapi Putra

Sabtu, 15 Mei 2010 – 08:05 WIB
Respons Membaik, Dokter Leluasa Fisioterapi Putra - JPNN.COM
SURABAYA - Kondisi fisik Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra tergolong kuat. Bagaimana tidak, setelah menjalani pembedahan kepala pada Kamis lalu (13/5), tubuh bocah 3,5 tahun yang menjadi pasien transplantasi liver pertama di RSUD dr Soetomo itu pulih dengan cepat.

Kemarin (14/5), Putra (panggilan baru untuk Ramdan) sudah sadar setelah sehari sebelumnya ditidurkan. "Sejak tadi malam (Kamis malam, Red), perawat yang menjaga mengatakan bahwa dia beberapa kali membuka mata sendiri," kata dr Hardiono SpAn-KIC, konsultan Intensive Care Unit (ICU) dan critical care yang menangani Putra, kepada Jawa Pos kemarin.

Respons tubuh Putra juga sudah jauh membaik daripada saat mengalami perdarahan otak pada Selasa (11/5). Ukuran pupil mata kiri dan kanannya, yang sebelumnya tidak sama karena pengaruh perdarahan otak, kemarin sudah simetris. Pupil matanya juga sudah bisa bergerak mengikuti arah cahaya ketika dokter mencoba merangsangnya dengan menyorotkan lampu senter.

Kemampuan menelan Putra kemarin juga sudah menunjukkan tanda-tanda akan kembali seperti semula. Rabu (12/5), setelah perdarahan pada otak kirinya berhenti, Putra sempat mengalami kesulitan menelan. Namun, kemarin, bibir mungilnya yang sebelumnya selalu bersemangat saat ngedot itu mulai menunjukkan gairah.

SURABAYA - Kondisi fisik Ramdan Aldil Saputra alias Slamet Hadi Syahputra tergolong kuat. Bagaimana tidak, setelah menjalani pembedahan kepala pada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA