Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Nadiem Makarim soal Permintaan Format Khusus PPPK untuk Guru Honorer K2, Oh Ternyata..

Rabu, 18 November 2020 – 13:47 WIB
Respons Nadiem Makarim soal Permintaan Format Khusus PPPK untuk Guru Honorer K2, Oh Ternyata.. - JPNN.COM
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru-guru honorer K2 yang meminta agar ada afirmasi dalam rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 harus kecewa.

Pasalnya, pemerintah tidak akan memberikan formasi khusus untuk guru-guru honorer K2. 

"Tidak akan ada formasi khusus. Tidak ada juga skala prioritas, semua guru baik honorer K2 maupun nonkategori bisa ikut tes PPPK," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di Jakarta, Rabu (18/11).

Dia menegaskan, formasi guru PPPK yang disiapkan sangat besar, satu juta orang. Untuk mengisi formasi itu, Kemendikbud membuka kesempatan seluas-luasnya bagi seluruh guru honorer tanpa terkecuali untuk ikut tes PPPK.

Dari hasil seleksi itu, guru-guru honorer yang lulus akan mengisi formasi satu juta PPPK. Bagi yang tidak lulus, bisa mencoba lagi di periode berikutnya hingga tiga kali ikut tes.

"Rekrutmen tahun depan tidak ada kekhususan untuk guru honorer yang tua atau masa pengabdiannya lama. Semua kami kasi kesempatan ikut tes," tegasnya.

Nadiem Makarim mengklaim, rekrutmen PPPK 2021 berbeda dengan sebelumnya yang hanya dibatasi untuk honorer K2. Tahun depan, seluruh guru yang berstatus honorer bisa bersaing merebut kursi PPPK.

Dia menyarankan bagi para guru baik'honorer K2 maupun nonkategori untuk menyiapkan diri dari sekarang. Kemendikbud juga akan menyiapkan pelatihan secara daring bagi guru-guru honorer agar bisa menghadapi tes PPPK.

Nadiem Makarim menjelaskan tentang rekrutmen PPPK yang dibuka untuk seluruh guru honorer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close