Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Respons Puan Terkait Realokasi Anggaran Demi Menanggulangi Pandemi Corona

Senin, 23 Maret 2020 – 17:25 WIB
Respons Puan Terkait Realokasi Anggaran Demi Menanggulangi Pandemi Corona - JPNN.COM
Ketua DPR Puan Maharani. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mendukung realokasi anggaran demi menanggulangi wabah virus corona atau Covid-19.

Menurut Puan, percepatan penanggulangan wabah Covid-19 membutuhkan dana yang besar, untuk pengadaan peralatan dan infrastruktur medis demi kepentingan pencegahan maupun pengobatan.

“DPR mendukung langkah pemerintah merealokasikan anggaran negara untuk kepentingan penanggulangan pandemi Covid-19, sesuai kewenangan pemerintah yang diberikan dan tertuang dalam UU APBN Tahun Anggaran 2020," kata Puan, Senin (23/3).

Menurut Puan, anggaran tersebut harus dimanfaatkan untuk pengadaan alat dan fasilitas screening tes corona massal secara gratis. Kemudian, penambahan alat perlindungan diri bagi tenaga kesehatan.

Selain itu, penambahan fasilitas rumah sakit, pengobatan pasien corona gratis serta upaya-upaya menangkal penyebaran virus corona.

Terkait dampak ekonomi akibat wabah corona, DPR meminta pemerintah dapat memprioritaskannya pada penguatan daya beli masyarakat.

Menurut dia, realokasi anggaran negara bisa diarahkan pada program-program penguatan daya beli masyarakat yang terdampak wabah corona. Terutama bagi mereka-mereka yang kehilangan pendapatan akibat kebijakan social distancing serta pemberian insentif bagi tenaga kesehatan yang terlibat dalam penanganan wabah corona.

Ia menambahkan pemerintah juga harus mengantisipasi angka inflasi, terutama akibat melonjaknya harga kebutuhan pokok dan alat medis yang terkait penanganan wabah corona.

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Kesehatan, Bulog dan BUMN perlu berkoordinasi untuk meningkatkan kekuatan stok pangan dan alat medis pelindung diri akibat lonjakan permintaan dan pembelian barang tersebut.

Pemerintah bersama Bank Indonesia diminta agar terus berkoordinasi meredam pelemahan rupiah. Selain kebijakan moneter yang efektif, langkah-langkah pemerintah yang terukur dan kredibel dalam penanganan wabah corona akan memperkuat kepercayaan pasar sehingga dapat meredam kejatuhan nilai tukar rupiah.

"DPR lewat komisi-komisi terkait akan mengawasi penggunaan realokasi anggaran tersebut agar pemanfaatnnya sesuai dengan program penanggulangan virus corona serta program penanggulangan dampak ekonominya,” pungkas Puan.(boy/jpnn)

Menurut Puan, percepatan penanggulangan pandemi Corona (Covid-19) membutuhkan dana yang besar, untuk pengadaan peralatan dan infrastruktur medis demi kepentingan pencegahan maupun pengobatan.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close