Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Revisi Permen ESDM Alokasi Gas Bakal Menurunkan Wibawa Pemerintah

Jumat, 18 Desember 2015 – 17:00 WIB
Revisi Permen ESDM Alokasi Gas Bakal Menurunkan Wibawa Pemerintah - JPNN.COM

jpnn.com - JAKARTA - Pengamat Energi, Marwan Batubara prihatin atas sikap Menteri ESDM Sudirman Said yang berencana merevisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM No 37/2015 tentang Tata Cara Penetapan Alokasi dan Pemanfaatan serta Harga Gas Bumi. Menurutnya, perubahan peraturan itu akan menurukan wibawa pemerintah.

"Pemerintah cenderung mendengarkan suara 'trader' yang sejak semula menolak. Revisi Permen jelas menurunkan wibawa pemerintah," kata Marwan Batubara di Jakarta, Kamis (17/12).

Marwan menjelaskan, tujuan awal dikeluarkannya Permen ESDM No 37/2015 untuk pengelolaan sektor gas dengan mempersempit peluang permainan trader. Jika direvisi, maka peluang untuk trader yang memiliki infrastruktur untuk mendapat alokasi gas, sehingga dikhawatirkan bakal mengambil pasar BUMN.

Dia menambahkan, jika revisi tersebut dilakukan, maka pemerintah harus menjamin perantara tidak membangun di wilayah yang infrastrukturnya telah dibangun BUMN dan melarang mereka menjual gas selain kepada konsumen.

Menurut Marwan, jika pihak swasta masih ingin berbisnis (jualan) gas, maka harus ada aturan yang dipenuhi. Misalnya, dengan membangun infrastruktur dan bukan di wilayah eksisting.

Kemudian, jika swasta membangun di wilayah yang baru harus melakukan koordinasi dengan BUMN dan BUMD, termasuk swasta tidak boleh mendapat alokasi gas langsung dari hulu.

"Jika persyaratan itu tidak dipenuhi, maka harga gas akan tetap tinggi dan perluasan infrastruktur akan gagal terwujud. Kalau tida, niat merevisi Permen harus diurungkan," ujar Marwan.

Marwan lantas meminta Sudirman Said konsisten dengan ketentuan yang telah diundangkan dalam Permen tersebut untuk kepentingan publik, bukan kepentingan sekelompok pengusaha.

JAKARTA - Pengamat Energi, Marwan Batubara prihatin atas sikap Menteri ESDM Sudirman Said yang berencana merevisi Peraturan Menteri (Permen) ESDM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close