Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RI Bakal Beli 11 Sukhoi SU-35 dengan Hasil Bumi

Selasa, 22 Agustus 2017 – 18:48 WIB
RI Bakal Beli 11 Sukhoi SU-35 dengan Hasil Bumi - JPNN.COM
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Foto: Miftahulhayat/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan membeli 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia. Rencananya, pembelian alat utama sistem persenjataan buatan Komsomolsk-on-Amur Aircraft Plant (KnAAZ) itu akan dilakukan melalui imbal beli.

Menurut Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu, pembelian SU-35 untuk meningkatkan pertahanan dan keamanan di dalam negeri. "Ini juga untuk menggantikan pesawat F-5 Tiger," ujar Ryamizard dalam konferensi pers di Kantor Kemenhan, Jakarta, Selasa (22/8).

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu menambahkan, satu unit SU-35 seharga USD 90 juta. Sehingga, total harga 11 unit pesawat itu USD 1 miliar.

Namun, Indonesia tidak akan membayar semua pesawat itu dengan uang. Sebab, ada pembayaran menggunakan hasil bumi Indonesia.

RI Bakal Beli 11 Sukhoi SU-35 dengan Hasil Bumi

SU-35 buatan Rusia. Foto: rt.com

"Harga sebenarnya USD 150 juta satu pesawat, saya tawar jadi USD 90 juta. Hebat kan saya," katanya.

‎Sementara Menteri Perdangangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengaku belum memmerinci jenis-jenis hasil bumi yang akan digunakan untuk membayar pengadaan SU-35. "Mengenai komoditasnya, masih dalam pembahasan," ujarnya.

Pemerintah Indonesia akan membeli 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia. Rencananya, pembelian alat utama sistem persenjataan buatan Komsomolsk-on-Amur

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close