Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RI Identifikasi Dalang Pembajakan

Jalin Kontak dengan Kepala Suku di Somalia

Kamis, 25 Desember 2008 – 02:06 WIB
RI Identifikasi Dalang Pembajakan - JPNN.COM
JAKARTA - Upaya pembebasan 11 WNI yang disekap di kapal tunda (tug boat) oleh pembajak Somalia terus dilakukan. Instabilitas di negara Afrika tersebut membuat proses pembebasan diperkirakan memakan waktu lebih lama. Meski demikian, pemerintah terus membuat terobosan agar 11 WNI itu segera menghirup udara bebas.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, pemerintah secara informal telah mengontak kepala suku yang ada di sana. ’’Karena pemerintahannya tidak jalan, masyarakat dikendalikan dengan sistem tribal (kelompok kesukuan). Kami telah mengidentifikasi kelompok yang diduga kuat menjadi dalang peristiwa ini,’’ ujarnya di Jakarta, Rabu (24/12).

Menurut Faiz, pemerintah menilai hasil kontak yang dilakukan memiliki hasil positif. Langkah ini dilakukan secara informal dan penuh kehati-hatian. Mengingat, jalinan komunikasi yang asal-asalan justru membuat pemerintah berpotensi diperas kelompok-kelompok di Somalia. ’’Salah-salah bisa kena peras kita. Ini yang membuat kami berhati-hati. Jadi, kami terus berkonsultasi pada sumber-sumber informasi yang ada,’’ imbuhnya.

Walau begitu, dirinya menolak mematok target pembebasan. ’’Kami tidak terlalu optimistis bisa cepat. Sebab, pembajak juga menginginkan hasil maksimal, sedangkan pemilik kapal memiliki berbagai pertimbangan tersendiri,’’ lanjutnya.

JAKARTA - Upaya pembebasan 11 WNI yang disekap di kapal tunda (tug boat) oleh pembajak Somalia terus dilakukan. Instabilitas di negara Afrika tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close