Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RI Siap Produksi Vaksin Halal

Selasa, 24 November 2009 – 15:37 WIB
RI Siap Produksi Vaksin Halal - JPNN.COM
JAKARTA- Merebaknya isu soal vaksin berbahan babi untuk para calon jemaah haji, mendorong Indonesia untuk memproduksi sendiri vaksin halal. Osmena, wakil direktur Bidang Kesekretariatan dan Sosialisasi Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika (LP POM) Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebutkan, Indonesia memiliki peluang besar untuk menemukan serta memproduksi sendiri vaksin halal yang akan bermanfaat bagi masyarakat dunia, utamanya umat Muslim yang kini menuntut produk yang halalan toyyibah.

Karena itu, LP POM MUI menggelar Seminar Nasional Produksi Vaksin bertema Peluang Indonesia Memproduksi Vaksin Halal di Auditorium Universitas Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Selasa (24/11).

"Kami yakin, dengan potensi yang kita miliki, Indonesia bisa memproduksi vaksin yang tidak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam negeri, tapi juga kebutuhan dunia," sebutnya optimistis.

Sementara dr Riyani Wikaningrum DMM MSc dari Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi menyebutkan, saat ini dunia kedokteran sedang mengembangkan vaksin baru dan saat ini dalam penelitian. Misalnya vaksin DNA, vaksin antibodi anti-idiotip, dan peptide imunodominan. "Pemberian vaksin merupakan upaya pencegahan utama penyakit menular yang akan memberikan dampak pada penurunan biaya perawatan kesehatan, serta kehilangan waktu kerja karena sakit," ujarnya. Vaksinasi juga akan memberikan kekebalan aktif buatan, baik dengan vaksin hidup, vaksin mati, dan vaksin sub-unit. Karena itu, diharapkan ke depan vaksin untuk jemaah haji bisa diproduksi sendiri di Indonesia.

JAKARTA- Merebaknya isu soal vaksin berbahan babi untuk para calon jemaah haji, mendorong Indonesia untuk memproduksi sendiri vaksin halal. Osmena,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close