Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan Anak Muda Moldova Protes Pemerintah

Rabu, 08 April 2009 – 12:44 WIB
Ribuan Anak Muda Moldova Protes Pemerintah - JPNN.COM
ANTI KOMUNIS - Para anak muda pendemo mengambil alih dan merusak sebuah mobil pemadam kebakaran dalam aksi demonstrasi anti komunis yang berbuntut bentrok dengan aparat, di ibukota Chisinau, Selasa (7/4) waktu setempat. Foto: Dumitru Doru/European Pressphoto Agency.
MOSCOW - Sejumlah lebih dari 10 ribu anak muda Moldova, yang seolah muncul entah dari mana, Selasa (7/4) waktu setempat, menggelar protes besar-besaran atas kepemimpinan rezim komunis negara itu. Protes yang berbuntut bentrok dengan kepolisian itu, juga menyebabkan sejumlah bangunan pemerintah dan fasilitas lain rusak berat.

Yang menarik adalah, kehadiran para pendemo dalam jumlah yang demikian banyak tersebut, adalah juga berkat "bantuan" fasilitas teknologi internet, khususnya lewat jaringan sosial online macam Facebook dan Twitter, serta via SMS. Hal sama yang belakangan juga telah berkembang di sejumlah negara Eropa Timur lain (contohnya seperti protes di Ukraina tahun 2004 dan Belarusia 2006, Red), dalam kaitan dengan ekspresi politik kaum muda.

Hingga Selasa malam, seperti diberitakan New York Times (NYT), Rabu (8/4), sejumlah bangunan dan fasilitas pemerintah rusak parah akibat aksi protes berbuntut kekerasan itu. Sejumlah orang juga terluka cukup parah, baik itu dari pihak pendemo maupun personil aparat keamanan. Namun polisi anti huru-hara mengaku pada Rabu pagi sudah mulai bisa mengendalikan situasi dan menguasai lagi kantor-kantor yang sempat diduduki pendemo.

Setelah ratusan account memenuhi internet via Twitter, dalam rangka pelaksanaan demo tersebut, layanan internet di ibukota Chisinau kemudian diputus pemerintah. Sementara itu, agaknya tak ada tanda-tanda jika pemerintah akan menanggapi serius protes para pendemo. Bahkan Presiden Vladimir Voronin menyebut penyelenggara protes sebagai "kaum fasis yang diracuni oleh kebencian".

MOSCOW - Sejumlah lebih dari 10 ribu anak muda Moldova, yang seolah muncul entah dari mana, Selasa (7/4) waktu setempat, menggelar protes besar-besaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close