Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ribuan TKI Mulai Serbu Malaysia Februari

Keran Moratorium Dibuka Desember

Minggu, 27 November 2011 – 04:16 WIB
Ribuan TKI Mulai Serbu Malaysia Februari - JPNN.COM
BOGOR - Gembok moratorium atau penghentian sementara pengiriman TKI ke Malaysia dibuka Desember depan. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) memperkirakan, ada seratus lebih perusahaan pengerah tenaga kerja yang sudah ancang-ancang mengirim TKI ke negeri jiran.

Ditemui usai acara media breafing di Bogor Jumat malam lalu (25/11), Dirjen Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja (Binapenta) Kemenakertrans Reyna Usman menuturkan, memang benar jika moratorium pengiriman TKI non-formal ke Malaysia dicabut bulan depan. Meskipun begitu, Reyna mengatakan tidak bisa serta merta TKI yang bekerja sebagai pembatu rumah tangga langsung bisa dikirim bulan depan juga.

"Kami masih membutuhkan waktu untuk mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan sesuai perjanjian Indonesia-Malaysia," kata Reyna. Seperti diketahui, selama moratorium dijalankan, dua negara saling berembuk untuk mencari formulasi baru perlindungan TKI di Malaysia.

Diantara ketetapan yang telah diputuskan adalah, pemberian jatah libur sehari dalam sepekan. Ketentuan selanjutnya adalah, pemberlakuan gaji minal sebesar 700 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 1,9 juta. Selain itu, paspor juga wajib dipegang sendiri oleh para TKI.

BOGOR - Gembok moratorium atau penghentian sementara pengiriman TKI ke Malaysia dibuka Desember depan. Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA