Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ridwan Saidi: Tunawisma di Jalan Thamrin Cari Makan di Mana?

Jumat, 08 Januari 2021 – 10:27 WIB
Ridwan Saidi: Tunawisma di Jalan Thamrin Cari Makan di Mana? - JPNN.COM
Budayawan Betawi Ridwan Saidi. Foto: M Fathra/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Budayawan Betawi Ridwan Saidi mengaku terkejut dan tidak percaya adanya temuan tunawisma oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini di kawasan Jalan Jenderal Sudirman hingga Jalan MH Thamrin. Puluhan tahun tinggal di Ibu Kota, dirinya menyaksikan kawasan yang menjadi wajah Indonesia itu selama ini steril dari tunawisma dan gelandangan.

"Ya tunawismanya kagak ada. Kayaknya kita rumuskan dulu masalahnya ini dengan benar." kata Ridwan Saidi dalam kanal YouTube tvOne, Kamis (7/1). 

Menurutnya, di kawasan Thamrin-Sudirman yang aktivitasnya padat dan dengan kesibukan tinggi, susah bagi tunawisma dan penyandang masalah kesejahteraan untuk mencari peruntungan di sana. Di sisi lain, Pemprov DKI juga melakukan pemantauan selama 24 jam atas kawasan itu.

"Saya ini 78 tahun tinggal di Jakarta. Kalau menjadi tunawisma pencariannya apa di Thamrin-Sudirman. Speed-nya tinggi-tinggi  orang bergerak, nggak bisa minta-minta. Nggak ada lagi mobil mogok, cari makan di mana? Apa dengkulnya digerogotin?," ujarnya. 

Dirinya juga mengingatkan mantan wali kota Surabaya itu agar tidak mudah mengambil kesimpulan soal Jakarta. Apalagi belum lama ada di ibu kota.

"Baru tinggal di Jakarta sebulan enggak bisa tentukan Jakarta," katanya. 

Begitu pun soal tunawisma di kolong jembatan, menurutnya jika zaman dulu memang dimungkinkan karena orang masih bisa memanjatnya.

"Itu enggak bener, pakai rasio dong, sekarang zaman cloud system, semua orang berpikir enggak bisa asal-asalan begitu. Saya ini orang sini, yang tidur di kolong jembatan juga kagak ada karena tubir kali itu sekarang curam dan licin, enggak bisa dipanjat kayak dulu," katanya.

Budayawan Betawi Ridwan Saidi membantah ada tunawisma di kawasan Thamrin Sudirman - Jakarta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close