Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RIPPP Dibidik Memacu Kesejahteraan Papua dalam Dua Dekade ke Depan

Minggu, 09 Juni 2024 – 06:28 WIB
RIPPP Dibidik Memacu Kesejahteraan Papua dalam Dua Dekade ke Depan - JPNN.COM
Deputi Bidang Pengembangan Bappenas Tri Dewi Virgiyanti mengatakan di tengah berbagai tantangan pembangunan yang ada, RIPPP dapat menjadi landasan untuk percepatan pembangunan ke depan. Foto: Dok Bappenas

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Pengembangan Bappenas Tri Dewi Virgiyanti mengatakan di tengah berbagai tantangan pembangunan yang ada, RIPPP dapat menjadi landasan untuk percepatan pembangunan ke depan.

Sebab, sesuai dengan visi dari RIPPP yaitu terwujudnya Papua mandiri, adil dan sejahtera serta misinya yaitu Papua sehat, Papua cerdas dan Papua produktif.

Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) 2022-2041 adalah sebuah terobosan untuk mencapai kesejahteraan Papua dalam dua dekade ke depan.

“Dengan adanya rencana induk yang didukung sistem informasi ini akan menunjang pembangunan Papua menuju visi Indonesia Emas 2045,” kata Tri Dewi.

Tri Dewi menilai untuk bisa mencapai Papua sehat, maka harus ada pelayanan kesehatan yang berkualitas dan merata serta membudayakan hidup sehat dan bersih di masyarakat.

Dengan demikian, pada 2041, diharapkan angka prevalensi stunting dapat turun hingga di bawah 10 persen, umur harapan hidup meningkat, serta seluruh kabupaten/kota mencapai eliminasi malaria.

Namun, yang tidak kalah penting adalah memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk membentuk pribadi unggul, kreatif, inovatif, berkarakter, dan mampu bekerja sama, menuju Papua Cerdas.
"Sehingga, harapan lama sekolah di Wilayah Papua pada tahun 2041, diharapkan dapat mencapai 14,59–16,61 tahun," ucap Tri Dewi.

Selain itu, peningkatkan kompetensi, kreativitas, dan inovasi dalam pengembangan potensi ekonomi lokal yang berdaya saing, menuju Papua Produktif.

Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) 2022-2041 adalah sebuah terobosan untuk mencapai kesejahteraan Papua dalam dua dekade ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close