Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Risma Mundur dari Mensos, Jokowi Tunjuk Muhadjir jadi Plt

Jumat, 06 September 2024 – 13:48 WIB
Risma Mundur dari Mensos, Jokowi Tunjuk Muhadjir jadi Plt - JPNN.COM
Arsip foto - Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana menyampaikan keterangan pers di Gedung Sekretariat Negara, Jakarta. ANTARA/Andi Firdaus/am.

jpnn.com - JAKARTA - Tri Rismaharini atau Risma mundur dari jabatan menteri sosial. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (plt) mensos.

Penunjukan itu menyusul disetujuinya pengunduran diri Risma dari jabatan mensos, karena maju sebagai sebagai calon gubernur pada Pilgub Jatim 2024.

"Presiden menunjuk Bapak Muhadjir Effendy, Menko PMK, sebagai pelaksana tugas, wewenang, dan tanggung jawab mensos sampai diangkatnya mensos definitif," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam pesan singkat di Jakarta, Jumat (6/9).

Ari mengatakan bahwa pemberhentian Risma dari jabatan mensos tercantum dalam Keputusan Presiden Nomor 100/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dengan Hormat Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial Kabinet Indonesia Maju 2019—2024, disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasa-jasanya pada bangsa dan negara selama memangku jabatan tersebut.

Menurut Ari, keppres tersebut merupakan tindak lanjut dari permohonan pengunduran diri Tri Rismaharini sebagai mensos yang telah disetujui oleh Presiden Jokowi.

"Permohonan pengunduran diri Ibu Tri Rismaharini terkait dengan pencalonan dan pendaftaran yang bersangkutan sebagai bakal calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur," ujarnya.

Muhadjir sebelumnya sudah pernah menjabat plt mensos pada 2020.

Kala itu Muhadjir mengisi kursi mensos karena Menteri Sosial Juliari Peter Batubara ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus dugaan penerimaan sesuatu oleh penyelenggara negara.

Risma mundur dari jabatan mensos karena maju Pilgub Jatim 2024. Jokowi tunjuk Muhadjir Effendy jadi plt mensos.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA