Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Robot Operasi Tulang Belakang Pertama di ASEAN Ada di Indonesia

Rabu, 27 April 2022 – 19:13 WIB
Robot Operasi Tulang Belakang Pertama di ASEAN Ada di Indonesia - JPNN.COM
Pro Axis Table, meja operasi dengan teknologi robotic sehingga gerakannya lebih halus dan presisi kini ada di Indonesia. Foto dokumentasi Eka Hospital

jpnn.com, JAKARTA - Teknologi kedokteran yang berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, termasuk di bidang pembedahan tulang belakang kini menghadirkan berbagai inovasi termasuk peralatan medis.

Peralatan ini sangat membantu dalam tindakan medis untuk mengatasi masalah kepada pasien.

“Dalam operasi tulang belakang, posisi mempengaruhi akses dan visibilitas, karenanya kami menghadirkan Pro Axis Table, meja operasi dengan teknologi robotic sehingga gerakannya lebih halus dan presisi," kata Dr. dr. Luthfi Gatam, SpOT (Spine), Chairman of Gatam Institute Eka Hospital Orthopedic & Spine Center dalam siaran persnya, Rabu (27/4).

Dijelaskannya, meja itu bisa ditekuk ke atas dan ke bawah, sedangkan pada meja operasi biasa hanya bisa ditekuk ke bawah.

Dengan keberadaan meja operasi ini, akan membantu koreksi kepada pasien dengan sangat perlahan tanpa menimbulkan perubahan posisi, sehingga risiko terjadinya cedera menjadi sangat kecil. 

"Ini salah satu meja operasi tulang belakang paling canggih yang ada di dunia saat ini dan kami menjadi yang pertama memilikinya di Indonesia," kata Lutfhi Gatam.

Eka Hospital juga memboyong O-arm, alat satu-satunya di Indonesia yang fungsinya mirip dengan CT Scan, tetapi portable dan dapat diintegrasikan dengan robot navigasi exelcius GPS sehingga akurasinya tinggi.

Dengan alat ini, maka, CT scan yang biasanya dilakukan sebelum pasien masuk ke kamar operasi, kini bisa dilakukan, bahkan saat pasien masih dalam posisi tengkurap selama operasi berlangsung. 

Robot canggih untuk operasi tulang belakang pertama di ASEAN kini ada di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close