Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rokok Indonesia Laris Manis di Tawau

Minggu, 15 September 2013 – 15:25 WIB
Rokok Indonesia Laris Manis di Tawau - JPNN.COM

jpnn.com - NUNUKAN - Salah satu produk dalam negeri yang laris manis di Tawau, Malaysia yakni rokok. Beberapa jenis rokok dengan merk terkenal di tanah air, menjadi barang paling dicari penduduk Tawau.

Namun bedanya, keberadaan produk yang satu ini tidak mudah dijumpai di kota yang berbatasan langsung dengan Pulau Sebatik ini.

Keberadaannya pun bisa dikatakan ilegal. Dari beberapa infromasi yang dihimpun Radar Tarakan (Grup JPNN), rokok-rokok asal Indonesia dipasok dari Sebatik menuju dermaga Tawau. “Ini (rokok, red) dari Sebatik,” aku Botok, salah seorang penjual rokok di Tawau.

Pria berkebangsaan Filipina ini mengatakan, rokok Indonesia merupakan produk non resmi dan paling dilarang. Namun karena permintaan terhadap produk yang satu ini cukup tinggi, kalangan pedagang berani mengambil resiko.

Tempat berjualan mereka juga tidak umum. Profesi penjaja rokok Indonesia harus “kucing-kucingan” dengan petugas di Tawau. Mereka memilih lokasi berjualan di sudut-sudut kota Tawau dan jauh dari keramaian.

“Kalau ada yang tanya baru kami keluarkan. Karena kalau didapat polis (polisi, red), barang kami diambil semua. Jadi harus pandai-pandai berjualan,” terang Botok.

Unik memang, pedagang rokok Indonesia di kota Tawau harus berprofesi ganda. Untuk mengelabui profesi utama mereka sebagai pedagang rokok, mereka harus nyambi berjualan produk lain. Semisal berdagang parfum atau novel.

Rokok yang mereka jual biasanya diamankan di bawah kolong mobil atau disembunyikan di sela-sela ban. Jadi tak heran jika ingin mencari produk yang satu ini, Anda harus ke pinggiran kota Tawau, atau sudut-sudut gedung tinggi yang tak jauh dari lokasi parkiran.

NUNUKAN - Salah satu produk dalam negeri yang laris manis di Tawau, Malaysia yakni rokok. Beberapa jenis rokok dengan merk terkenal di tanah air,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA