Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ropiah Tersenyum, Khoiri Bebas Stunting Berkat Program Ketapang Kuning

Senin, 21 Oktober 2024 – 16:47 WIB
Ropiah Tersenyum, Khoiri Bebas Stunting Berkat Program Ketapang Kuning - JPNN.COM
Ropiah bisa tersenyum lega setelah putranya, Khoiri bebas stunting berkat program Ketapang Kuning. Foto: source for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Ropiah (39 tahun) tak bisa menyembunyikan kegembiraannya saat berbicara tentang putranya, Khoiri Althaf (5 tahun), yang kini dinyatakan bebas dari stunting. Sebelumnya, stunting dirasakan sebagai beban bagi keluarga.

"Stunting itu taunya gizi buruk dan seperti aib bagi kita ibu-ibu yang tidak tahu ilmunya," ungkap Ropiah, mengingat saat anaknya didiagnosa mengalami stunting tiga tahun lalu.

Namun, kini semuanya berubah berkat Program Ketahanan Pangan Keluarga Usir Stunting (Ketapang Kuning) yang diprakarsai PT PLN Indonesia Power UBP Priok.

Khoiri adalah satu dari 18 anak di sekitar Pembangkit Listrik Priok, Kelurahan Warakas, Tanjung Priok, Jakarta Utara, yang berhasil lulus dari stunting. Ropiah kini memahami betapa pentingnya protein hewani dalam mendukung tumbuh kembang anak.

Program Ketapang Kuning telah membantu tidak hanya keluarganya, tetapi juga masyarakat setempat dengan memberikan edukasi dan intervensi gizi yang terarah.

General Manager PT PLN Indonesia Power UBP Priok Igan Subawa Putra mengungkapkan, perusahaan terus terlibat dalam program pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasionalnya.

"Ketapang Kuning adalah program tanggung jawab sosial kami yang memanfaatkan protein hewani, seperti lele yang dibudidayakan oleh kelompok binaan kami, sebagai sumber gizi tambahan bagi anak-anak yang mengalami stunting," jelas Igan.

Program ini juga menjadi bagian dari berbagai inisiatif lain, seperti Paud Inklusi, Kelompok Tani, dan Taman Hatinya Sunter, yang berfokus pada pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan ekonomi.

Ropiah bisa tersenyum lega setelah putranya, Khoiri bebas stunting berkat program Ketapang Kuning.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA