Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rumah Darurat bagi Korban Wedhus Gembel

Selasa, 16 November 2010 – 07:37 WIB
Rumah Darurat bagi Korban Wedhus Gembel - JPNN.COM
KLATEN -- Ratusan warga  korban erupsi Gunung Merapi yang rumahnya hancur akibat tersapu awan panas tidak perlu khawatir. Karena Pemkab Klaten sudah merencanakan pembangunan rumah darurat di luar kawasan rawan bancana (KRB). Saat ini persiapan sudah mulai dilakukan yaitu dengan memvalidasi jumlah rumah keluarga yang kehilangan tempat tinggal.  Jumlah rumah yang akan dibangun belum dapat ditentukan, karena masih dalam proses validasi oleh Satkolak PB.

"Jangan sampai nanti ada kekisruhan dalam pendataan. Maka saat ini data yang ada di verifikasi untuk memastikan jumlah keluarga yang kehilangan tempat tinggal. Kami masih mendata warga di Desa Balerante yangb kondisinya paling parah," ungkap Bupati Klaten Sunarna kepada Radar Solo  kemarin (15/11).

Lebih lanjut dijelaskan, rumah darurat itu nanti ditinggali warga sambil menunggu pemulihan perekonomian di kawasan yang terkena bencana selesai. Paling tidak dibutuhkan waktu enam bulan agar warga di Lereng Merapi dapat kembali hidup normal.

"Kami juga sedang mencari lahan yang mampu ditempati ratusan warga korban erupsi Merapi. Ada beberapa  alternatif  yaitu Kecamatan Manisreggo dan Karangnongko. Semua masih dalam kajian tim di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)," tambah dia.

KLATEN -- Ratusan warga  korban erupsi Gunung Merapi yang rumahnya hancur akibat tersapu awan panas tidak perlu khawatir. Karena Pemkab Klaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA