Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rumah Sakit Dipenuhu Korban Susu Beracun

Jumat, 19 September 2008 – 12:36 WIB
Rumah Sakit Dipenuhu Korban Susu Beracun - JPNN.COM
BEIJING – Para orang tua berbondong-bondong mendatangi rumah sakit dan sejumlah klinik di Tiongkok untuk memeriksakan bayinya. Mereka khawatir buah hatinya terkena gangguan fungsi ginjal menyusul insiden susu bayi yang tercemar melamin. Biro Kesehatan Beijing menyatakan bayi yang mengkonsumsi susu formula dapat menjalani pemeriksaan di 74 rumah sakit yang ada di kota tanpa harus melakukan reservasi.

Sedangkan di dua rumah sakit lainnya, Beijing Children’s Hospital dan Peking University First Hospital, meminta reservasi terlebih dahulu karena membanjirnya pasien.  Pemerintah Tiongkok diharapkan menambah peralatan ultrasonik untuk digunakan dalam pemeriksaan ginjal ke dua rumah sakit itu. Shen Ying, wakil direktur Beijing Children’s Hospital menyatakan rumah sakit itu dibanjiri lebih dari 800 bayi sampai siang hari kemarin.

Sementara itu, korban terus berjatuhan. Saat ini, susu maut telah menewaskan 4 bayi di Tiongkok. Sedangkan lebih dari 6.200 bayi terkena infeksi batu ginjal. Dari jumlah itu, sebanyak lebih dari 1.300 dirawat di rumah sakit dan 158 bayi dilaporkan menderita gagal ginjal akut. Sebagian besar bayi yang menjadi korban ini adalah bayi yang baru dilahirkan. Menteri Kesehatan Tiongkok, Chen Xhu menyatakan jumlah ini kemungkinan bertambah dengan semakin banyaknya orang tua yang membawa bayi mereka ke rumah sakit.

Sebanyak 18 tersangka telah diamankan di Shijiazhuang, ibu kota Hebei dimana kantor pusat Sanlu berada. Shi Guizhong, juru bicara Kepolisian Hebei, menyatakan 6 orang ditangkap karena menjual melamin, sedangkan 12 yang lain ditangkap karena menjual susu yang terkontaminasi pada Sanlu. Pada Rabu (17/09) Ji Chuntang, wali kota Shijiazhuang, mengundurkan diri dari jabatannya. Sebelumnya, 4 orang pejabat kota diberhentikan. Mereka adalah Zhang Fawang, wakil walikota bidang agrikultur; Sun Renhu, direktur Peternakan dan Perikanan; Zhang Yi, direktur Pengawas Obat dan Makanan; dan Li Zhiguo, direktur Pengawasan Kualitas dan Teknis.

BEIJING – Para orang tua berbondong-bondong mendatangi rumah sakit dan sejumlah klinik di Tiongkok untuk memeriksakan bayinya. Mereka khawatir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA