Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusia Mengejar Cuan, Jutaan Manusia Terancam Mati Kelaparan

Minggu, 23 Juli 2023 – 05:20 WIB
Rusia Mengejar Cuan, Jutaan Manusia Terancam Mati Kelaparan - JPNN.COM
Arsip - Kapal penjelajah rudal Rusia, Moskva, ditambatkan di Pelabuhan Laut Hitam di Sevastopol, Ukraina, 10 Mei 2013. ANTARA/Reuters/Stringer/as

jpnn.com, NEW YORK - Langkah Rusia meninggalkan kesepakatan pangan Laut Hitam sangat erat hubungannya dengan kepentingan ekonomi Negeri Beruang Merah itu, terutama industri pertanian.

Tuntutan-tuntutan yang disampaikan Moskow memperlihatkan bahwa peninggkatan ekspor produk pertanian Rusia adalah prioritas.

Sayangnya, ambisi mengejar cuan ini juga berpotensi membunuh jutaan manusia di seluruh dunia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa mengingatkan bahwa langkah Rusia keluar dari kesepakatan pangan Laut Hitam dan bombardemen pelabuhan-pelabuhan penting, akan memperparah krisis.

"Kita kini menyaksikan ketahanan pangan kian terpukul hebat, ketika Rusia dalam empat hari berturut-turut menyerang pelabuhan Ukraina di Laut Hitam di Odesa, Chornomorsk dan Mykolaiv dengan rudal dan drone," kata Kepala Urusan Politik PBB Rosemary DiCarlo kepada Dewan Keamanan.

DiCarlo mengutuk keras aksi Rusia itu dan negara ini segera menghentikan aksinya.

"Gelombang baru serangan menyasar pelabuhan-pelabuhan Ukraina berisiko menciptakan dampak yang hebat terhadap ketahanan pangan global, khususnya di negara-negara berkembang," kata dia.

"Ancaman menyangkut kemungkinan kapal sipil yang berlayar di Laut Hitam dijadikan sasaran tembak, sungguh tak masuk akal," sambung dia.

Bagi 362 juta manusia, keputusan Rusia adalah ancaman serius terhadap masa depan mereka dan keluargany

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close