Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusia Temukan Laboratorium Senjata Biologi, Dubes Ukraina: Bohong!

Minggu, 20 Maret 2022 – 23:23 WIB
Rusia Temukan Laboratorium Senjata Biologi, Dubes Ukraina: Bohong! - JPNN.COM
Peamñmg Rusin Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com

jpnn.com - Duta Besar (Dubes) Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menegaskan pernyataan Rusia terkait penemuan laboratorium senjata biologi di negaranya yang dibiayai Amerika Serikat (AS) merupakan sebuah kebohongan.

"Rusia sering terbukti berbohong di depan umum, dan ini adalah kebohongan lain yang mereka sebarkan ke publik," kata Vasyl melalui keterangan resmi Kedutaan Ukraina, Minggu (20/3).

Dia juga mengatakan Rusia yang justru telah terbukti memiliki senjata biologis dan nuklir.

Menurut Vasyl, Rusia menyebarkan tuduhan terhadap Ukraina untuk mengalihkan masalah yang lebih serius, seperti pelanggaran hak asasi manusia.

Negara yang dipimpin Presiden Vladimir Putin itu, lanjut Vasyl, juga mebuat tuduhan untuk membenarkan invasi yang dilakukan terhadap Ukraina.

BBC merilis fakta-fakta secara independen pada 13 Maret 2022 yang menunjukkan bahwa pemerintah AS memang mendirikan program pengurangan ancaman biologi pada 1990-an setelah jatuhnya Uni Soviet.

Hal itu dilakukan AS untuk mengurangi risiko senjata biologi di berbagai negara, termasuk Ukraina.

Melalui program itu, beberapa laboratorium tertentu menerima pendanaan dari AS untuk modernisasi dan perlengkapan. Namun, fasilitas tersebut dikelola oleh Ukraina.

Dubes Ukraina untuk Indonesia Vasyl Hamianin menegaskan pernyataan Rusia terkait penemuan laboratorium senjata biologi di negaranya adalah kebohongan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close