Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Rusia Tunda Sistem Pertahanan Rudal

Kamis, 29 Januari 2009 – 00:55 WIB
Rusia Tunda Sistem Pertahanan Rudal - JPNN.COM
MOSKOW – Moskow menunda niat mendirikan sistem pertahanan rudal Kaliningrad di perbatasan Polandia. Dilaporkan kantor berita Interfax kemarin (28/1), pembatalan itu terkait suksesi di Gedung Putih. Di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, Amerika Serikat (AS) diyakini tidak lagi bernafsu membangun sistem pertahanan rudal di Eropa Timur.

”Perwujudan rencana ini ditunda terkait fakta bahwa pemerintahan AS yang baru tidak menggebu-gebu mendirikan sistem pertahanan rudal di Polandia dan Republik Ceko,” kata seorang pejabat militer Rusia yang merahasiakan identitasnya.

Dalam wawancara dengan Agence France-Presse, pejabat anonim itu menegaskan bahwa rencana tersebut tidak dihapus dari agenda. ”Rusia tidak akan menempatkan rudal Iskander di sistem pertahanan Kaliningrad jika sistem pertahanan AS juga tidak jadi dibangun,” tandasnya kemarin. Namun, jika pemerintahan Obama tetap melanjutkan misi itu, tidak menutup kemungkinan Rusia pun akan membangun sistem pertahanan rudal.   

Pernyataan Moskow itu disambut gembira Duta Besar AS untuk NATO, Kurt Volker. ”Jika yang saya dengar itu benar, akan menjadi langkah yang sangat positif,” tegasnya melalui seorang juru bicara.

MOSKOW – Moskow menunda niat mendirikan sistem pertahanan rudal Kaliningrad di perbatasan Polandia. Dilaporkan kantor berita Interfax kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close