Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

RUU Kamnas Berpotensi Gesekan

Kamis, 08 November 2012 – 06:57 WIB
RUU Kamnas Berpotensi Gesekan - JPNN.COM
JAKARTA- Potensi gesekan antara TNI dan Polri rentan terjadi jika RUU Keamanan Nasional (RUU Kamnas) disetujui DPR. Belum diaturnya secara detail domain antara TNI dan Polri yang bakal menjadi penyebabnya.

"Kemungkinan gesekan itu sangat mungkin terjadi. Karena dalam RUU Kamnas belum diatur secara detail mana yang domain Polri dan mana yang urusan TNI," ujar Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani usai menerima Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Keamanan di ruang Fraksi Gerindra, Jakarta, Rabu (7/11).

Muzani menyebut, meskipun Menteri Pertahanan sudah menjelaskan detail soal RUU Kamnas di hadapan Pansus pada Oktober 2012 lalu, namun masih harus dibicarakan lebih serius dan detail lagi.

Menurutnya, pandangan yang ada di masyarakat juga harus terakomodasi. "RUU ini rentan disalahgunakan oleh penguasa. Menurut saya RUU ini harus jelas mengatur definisi dan kategorisasi keamanan. Pada persoalan seperti apa tentara harus turun dan pada persoalan apa polisi harus turun. Ini yang masih tidak jelas," ungkap Muzani.

JAKARTA- Potensi gesekan antara TNI dan Polri rentan terjadi jika RUU Keamanan Nasional (RUU Kamnas) disetujui DPR. Belum diaturnya secara detail

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA