Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saat Jenderal Andika Ceritakan Beban Prajurit di Medan Tempur, Lalu Bikin Ransum Bergizi

Selasa, 26 September 2023 – 22:15 WIB
Saat Jenderal Andika Ceritakan Beban Prajurit di Medan Tempur, Lalu Bikin Ransum Bergizi - JPNN.COM
Mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto: Arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Panglima TNI Jenderal (purn) Andika Perkasa menceritakan upayanya untuk memberikan gizi terbaik bagi prajuritnya di medan tempur. Sebelum menjadi Panglima TNI, Andika melihat prajurit kurang mendapat perhatian tentang logistik makanan selama bertugas.

Andika menyebut tercetusnya ide berawal dari prajurit Kopassus yang hanya membawa bekal cokelat ketika bertugas di hutan Papua.

Dulu, prajurit disebut memilih membawa cokelat untuk memudahkan mereka saat bergerak. Dengan begitu, para prajurit tidak harus membawa banyak perbekalan.

"Pasukan kita Kopassus tugas di Papua itu membawa cokelat. Karena di sana, kan, medannya ekstrem, sehingga kalau mereka harus bergerak beberapa hari bekal itu, kan, membebani banget," kata Andika lewat akunnya di YouTube.

Andika lalu memerintahkan jajarannya untuk membuat ransum bergizi bagi prajurit. Ransum tentara adalah makanan kemasan yang disiapkan untuk prajurit militer di area pertempuran.

Akhirnya, pada saat ia menjabat sebagai kepala staf angkatan darat, Andika mencetuskan untuk memproduksi bekal prajurit yang lebih bergizi dan ringan untuk dibawa.

“Waktu saya jadi kepala staf angkatan darat (Kasad), saya buat bekal makanan itu untuk operasi," kata Andika

Dia mendesain sedemikian rupa agar bekal makanan tadi tadi tidak membuat pasukannya sakit.

Andika menyebut tercetusnya ide berawal dari prajurit Kopassus yang hanya membawa bekal cokelat ketika bertugas di hutan Papua.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close