Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sah! Begini Sikap Pemerintah soal RUU HIP

Kamis, 16 Juli 2020 – 15:37 WIB
Sah! Begini Sikap Pemerintah soal RUU HIP - JPNN.COM
Pemerintah menyampaikan RUU BPIP kepada DPR. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menyatakan pemerintah tidak setuju dengan pembahasan RUU HIP (Haluan Ideologi Pancasila).

Sebagai gantinya, pemerintahan Presiden Jokowi mengirimkan RUU baru terkait Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP.

Usulan RUU BPIP ini telah diumumkan Ketua DPR Puan Maharani usai menerima menteri-menteri utusan Jokowi di gedung DPR, Kamis (16/7).

"Pemerintah tidak menyetujui pembahasan RUU HIP yang membahas ideologi Pancasila. Sebagai gantinya pemerintah mengusulkan RUU BPIP yang mengatur lembaga yang bertugas untuk mensosialisasikan Pancasila yang sudah final," ungkap Dasco di kompleks parlemen.

Politikus Gerindra ini juga menyebutkan, soal mekanisme apakah RUU HIP ke depan akan dicabut, termasuk soal RUU BPIP sebagai penggantinya baru akan dibicarakan pada masa sidang berikutnya.

"Mekanisme akan dibicarakan apakah dicabut atau penggantinya ini, akan diatur masa sidang depan. Dan walau diganti dengn BPIP yang hanya mengatur lembaga, kami tidak akan membahas sebelum menerima masukan yang komplit dari masyarakat," tandas Dasco. (fat/jpnn)

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Soal mekanisme apakah RUU HIP akan dicabut, baru akan dibicarakan pada sidang berikutnya.

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close