Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sahroni: Kurikulum Pendidikan Harus Selaras Perkembangan Zaman

Senin, 25 November 2019 – 10:58 WIB
Sahroni: Kurikulum Pendidikan Harus Selaras Perkembangan Zaman - JPNN.COM
Ahmad Sahroni saat mengikuti upacara wisuda sebagai mahasiswa pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Interstudi pada Minggu (24/11). Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bendahara Fraksi Partai Nasdem DPR RI Ahmad Sahroni mendorong dunia pendidikan untuk selalu memperbarui kurikulum sesuai perkembangan zaman.

Menurut Sahroni, upaya ini harus dilakukan supaya para lulusan mampu bersaing dan menciptakan peluang-peluang dari perubahan dunia yang bergerak begitu cepat.

“Kita semua menyadari bahwa dunia begitu cepat berubah. Perubahan ini berdampak pada industri dan lapangan kerja yang akan kita hadapi bersama,” ujar Sahroni dalam sambutannya sebagai perwakilan mahasiswa pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (Stikom) Interstudi yang diwisuda, Minggu (24/11).

Merujuk pada laporan terbaru McKinsey and Company yang dirilis September 2019 lalu, Sahroni mengatakan diperkirakan 23 juta pekerjaan pada tahun 2030 akan hilang, seiring meningkatnya adopsi otomatisasi dan kecerdasan buatan. 

Wakil Ketua Komisi III DPR ini mengatakan realitas ini akan menjadi tantangan bagi dunia pendidikan untuk selalu meng-update kurikulum sesuai perkembangan zaman. Hal ini juga menjadi tantangan para lulusan sebagai produk perguruan tinggi. 

Dia mengingatkan bekal ilmu pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah tidak relevan apabila tidak terus-menerus belajar untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. 

“Continuous learning atau belajar berkelanjutan adalah keniscayaan bagi kita agar tetap bertahan di tengah perubahan dunia dan persaingan global,” katanya.

Sejalan dengan itu, lanjut Sahroni, kampus Interstudi sebagai lingkungan akademik yang telah membekali para lulusannya dengan keilmuan di bidang komunikasi dan kreativitas, tentu juga dituntut mampu bertahan di tengah derasnya perubahan zaman.

Bendahara Fraksi Partai Nasdem DPR RI Ahmad Sahroni mendorong dunia pendidikan untuk selalu memperbarui kurikulum sesuai perkembangan zaman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close