Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sakit Saat Menyusui? Ini Penyebabnya

Selasa, 27 Januari 2015 – 13:02 WIB
Sakit Saat Menyusui? Ini Penyebabnya - JPNN.COM
foto: foxnews

jpnn.com - Menyusui anak menjadi dambaan semua ibu di dunia. Namun, menyusui anak bisa berubah menjadi hal yang merepotkan. Itu akan terjadi jika ibu merasa kesakitan ketika memberikan ASI pada sang anak. Berikut beberapa penyebab sakit saat menyusui.

1. Ankyloglossia

Ankyloglossia adalah kondisi yang membatasi pergerakan lidah. Kita semua dilahirkan dengan frenulum, membran yang melekat bagian bawah lidah ke lantai mulut. Pada beberapa bayi, frenulum terlalu ketat atau terlalu pendek.

"Jika bagian dari membran ditempatkan pada tempat yang tidak biasa di lidah bayi, mungkin membatasi gerakan lidah," kata konsultan laktasi internasional, Irene Zoppi, seperti dilansir laman Fox News. Studi menunjukkan bahwa Ankyloglossia memengaruhi hingga sepuluh persen bayi dan juga bisa turun-temurun.

Ada dua jenis Ankyloglossia dan berbagai tingkat keparahan. Sebuah anterior Ankyloglossia sangat mudah untuk dilihat dan ditandai oleh frenulum yang melekat pada bagian depan lidah. Untuk beberapa bayi, mereka mungkin tidak dapat menempel pada ujung lidah mereka di luar bibir bawah. Atau ketika mereka menangis lidah akan terlihat berbentuk hati karena begitu terbatas.

Sebuah posterior Ankyloglossia terjadi ketika frenulum terpasang hanya untuk dasar lidah. Praktisi dapat melihatnya dengan mencermati pergerakan lidah.

2. Pasokan susu rendah dan nyeri

" Ketika Anda memiliki bayi namun Anda kesulitan menyusui maka penyebab utamanya adalah anatomi," kata Dr Julie L. Wei, seorang otolaryngologist anak di Rumah Sakit Anak Nemours di Orlando, Florida.

Menyusui anak menjadi dambaan semua ibu di dunia. Namun, menyusui anak bisa berubah menjadi hal yang merepotkan. Itu akan terjadi jika ibu merasa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close