Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saleh PAN: Pastikan Tapera Bermanfaat dan Berkeadilan

Rabu, 29 Mei 2024 – 12:05 WIB
Saleh PAN: Pastikan Tapera Bermanfaat dan Berkeadilan - JPNN.COM
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Fraksi PAN Saleh Partaonan Daulay menilai aturan terkait Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera belum tersosialisasikan secara baik kepada publik.

Menurut Saleh, masih banyak masyarakat yang belum paham dan mendapat informasi yang kurang akurat. Oleh karena itu, langkah awal yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa seluruh segmen masyarakat memahami Tapera dengan baik.

"Berkaitan dengan Tapera, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan," kata Saleh di Jakarta, Rabu (29/5).

Pertama, peserta Tapera adalah mereka yang berpenghasilan sama dengan atau lebih besar dari upah minimum. Hal ini dinilai berpotensi menimbulkan ketidakadilan.

Sebab, katanya, banyak juga anggota masyarakat yang gajinya jauh dari upah minimum. Sementara, mereka juga adalah rakyat yang membutuhkan perumahan.

"FPAN mendesak pemerintah untuk mencari solusi terkait masalah ini. Kebijakan apa pun yang ditetapkan pemerintah, sudah semestinya adil dan bermanfaat bagi semua," ujar Saleh.

Kedua, ada waktu paling lama 7 tahun untuk mendaftar jadi peserta terhitung sejak aturannya ditetapkan. Selama masa itu, pemerintah diminta melakukan kajian komprehensif agar kegiatan ini tidak menimbulkan gejolak sosial.

"Dari pengamatan saya, sejauh ini masih banyak hiruk pikuk dan kebisingan terkait program ini. Meskipun presiden mengatakan bahwa ini sangat baik untuk jangka panjang, tetapi saat ini masih saja ada kicauan yang bernada negatif. Terutama di media-media sosial," tuturnya.

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay meminta pemerintah memastikan Tapera bermanfaat dan berkeadilan bagi rakyat pekerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close