Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Samarinda Ikut Dibidik Real Madrid

3.500 Pemain Usia Dini Diseleksi, Pelatih dari Spanyol

Senin, 16 Mei 2011 – 16:37 WIB
Samarinda Ikut Dibidik Real Madrid - JPNN.COM
SAMARINDA - Manajemen klub elit Spanyol, Real Madrid, menjadikan Indonesia bagian dari program pembinaan sepakbola yang mereka gagas di beberapa negara. Samarinda adalah salah satu dari 6 kota di Tanah Air yang ditetapkan sebagai pusat pembinaan tersebut, dengan sebutan Sekolah Sosial Olahraga Sepakbola Real Madrid.

Lima kota lainnya, adalah Banda Aceh, Jogjakarta, Surabaya, Jayapura dan Makassar. Ketua Ikatan Atlet Nasional Indonesia (IANI) Kaltim, Suryadi Gunawan mengatakan, program ini diproyeksikan mulai efektif Januari 2012. Terkait program inilah, sehingga digulirkan turnamen Gubernur Cup untuk berbagai kelompok umur putra dan putri. Mulai dari umur 7 tahun hingga 18 tahun.

"Ini merupakan wujud pembinaan berkesinambungan," kata Suryadi. Menurut dia, IANI yang diberi amanah menjadi Panitia Gubernur Cup, menyelenggarakan event ini sejak Maret 2011. Empat kelompok umur sudah rampung, yakni U-7, U-8, U-12, dan U-13. Sementara, 6 kelompok umur lagi masih bergulir sampai Juli mendatang. Yakni, U-9, U-10, U-14 dan 15, serta U-16 sampai 18 tahun. Kemudian, kelompok umur khusus putri U-7 sampai 12 tahun, dan U-13 sampai 15 tahun.

"Jumlah pemain dalam 1 tim maksimal 20 orang. Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi, dan kami terapkan peringkat tiga bersama," kata Suryadi.

Data yang dihimpun IANI terdapat sekitar 175 tim dari 130 Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Kaltim, dengan total 3.500 pemain yang ambil bagian dalam turnamen tersebut.

SAMARINDA - Manajemen klub elit Spanyol, Real Madrid, menjadikan Indonesia bagian dari program pembinaan sepakbola yang mereka gagas di beberapa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close