Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sambut MotoGP Mandalika, Pemerintah Bedah 900 Rumah Warga jadi Homestay

Jumat, 01 Januari 2021 – 23:43 WIB
Sambut MotoGP Mandalika, Pemerintah Bedah 900 Rumah Warga jadi Homestay - JPNN.COM
MotoGP Indonesia - Sirkuit jalan raya di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Foto: Motogp

jpnn.com, JAKARTA - Sambut perhelatan MotoGP Indonesia yang dipersiapkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pemerintah menjalankan program bedah rumah.

Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian PUPR itu telah menyasar lebih dari 900 unit rumah penduduk di Lombok.

Penyaluran bantuan itu ditargetkan untuk menjadikan ratusan rumah warga menjadi pondok wisata atau homestay dalam mendukung MotoGP Mandalika 2021.

"Tahun 2020 ada beberapa program yang berhasil kami advokasi. Salah satunya program homestay di Lombok Tengah dan Lombok Utara. Progresnya sudah 97 persen, sudah bisa dikatakan rampung," kata anggota Komisi V DPR RI Bidang Infrastruktur dan Perhubungan, H Suryadi Jaya Purnama.

Rumah yang dibedah di Lombok, tidak sekadar membenahi menjadi layak huni, tetapi ditingkatkan menjadi layak tamu atau layak wisatawan.

"Untuk Lombok Tengah ada sekitar 800-an, di sepanjang jalan Bandara Lombok menuju Pantai Kuta, itu ada semua. Khusus di lingkar Mandalika itu sekitar 300-an," katanya.

Sedangkan, dana yang dikucurkan sebagai stimulan untuk program tersebut sangat variatif untuk tiap rumah, berkisar dari Rp35 juta hingga Rp115 juta.

Total anggaran untuk pembangunan sebesar Rp62,23 miliar.

Sambut perhelatan MotoGP Indonesia yang dipersiapkan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, pemerintah menjalankan program bedah rumah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close