Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sandiaga Uno Sebut Film Tak Sebatas Hiburan, tetapi Bernilai Perjuangan

Selasa, 23 Mei 2023 – 07:52 WIB
Sandiaga Uno Sebut Film Tak Sebatas Hiburan, tetapi Bernilai Perjuangan - JPNN.COM
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa film tak sebatas hiburan, tetapi bernilai perjuangan. Foto: Dok Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa film tak sebatas hiburan, tetapi karya audio visual yang di dalamnya terkandung sebuah nilai-nilai.

"Sejarah mencatat bahwa film tak sebatas hiburan, melainkan karya audio visual yang di dalamnya terkandung sebuah nilai-nilai perjuangan. Seperti ‘Darah dan Doa’ karya Usmar Ismail, film pertama yang diproduksi anak bangsa, yang dari judulnya saja merepresentasikan semangat perjuangan dan kemerdekaan,” ujar Sandiaga Uno, Senin (22/5).

Sandiaga pun mengimbau para sineas yang berada di wilayah Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Lampung agar mempersiapkan diri karena pendaftaran Lokus 5 akan dibuka pada 2 Juni mendatang.

“Ayo, persiapkan karya terbaik kalian dan jadi bagian dari pertumbuhan ekosistem perfilman Indonesia! Update terus informasinya di akun Instagram @festivalfilmbulanan serta kunjungi website festivalfilmbulanan.com. Karena Mahakarya akan selalu menemukan jalannya,” kata Sandiaga Uno.

Dia pun mengapresiasi terpilihnya film Pepadu dan film Sailum: Song of The Rustling Leave yang mampu memberikan perspektif lain tentang film pendek Indonesia dalam Festival Film Bulanan Lokus 4.

"Kami optimistis perfilman tanah air, khususnya film pendek makin populer dan diakui. Bukan hanya sebagai industri hiburan, melainkan juga mengekspresikan nilai-nilai luhur kemanusiaan, melahirkan talenta-talenta hebat yang membanggakan, sekaligus mempromosikan kekayaan nusantara,” ucap Sandiaga Uno.

Sandi juga yakin subsektor perfilman Indonesia akan terus berkembang, sehingga bisa mempercepat kepulihan ekonomi Indonesia serta berkontribusi dalam penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru.

Sebagai bentuk apresiasi dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bagi kedua Film Terpilih akan mendapat sertifikat, suvenir, kesempatan mengikuti workshop “Menuju Industri Perfilman” di mana peserta akan pitching dengan investor untuk mendapatkan pendanaan dari FlipFlop TV, serta menjadi nominasi di malam penganugerahan Festival Film Bulanan yang diselenggarakan pada bulan Desember.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan bahwa film tak sebatas hiburan, tetapi bernilai perjuangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close