Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saran dari Saidiman SMRC soal Bakal Cawapres Ganjar, Modal Penting untuk Menang

Rabu, 04 Oktober 2023 – 10:01 WIB
Saran dari Saidiman SMRC soal Bakal Cawapres Ganjar, Modal Penting untuk Menang - JPNN.COM
Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad berpose dengan latarbelakang foto-foto Bung Karno dengan tokoh dunia. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Saidiman Ahmad mengingatkan Ganjar Pranowo maupun partai pengusungnya di Pilpres 2024 mempertimbangkan dua hal penting dalam menentukan bakal cawapres.

Saidiman menyebut dua hal penting bagi bakal cawapres pendamping Ganjar itu ialah kedekatan dengan rakyat dan berintegritas.

“Ada dua kualitas personal yang publik anggap penting untuk dimiliki seorang pemimpin nasional. Pertama ialah kedekatan dengan publik dan (kedua) memiliki integritas," ujar Saidiman seperti diberitakan Antara, Selasa (3/10).

Alumnus Crawford School of Public Policy, Australian National University (ANU) itu menjelaskan kedekatan tokoh dengan publik terkait dengan sikap dan rekam jejak yang membaur dengan masyarakat.

Menurut Saidiman, tokoh seperti itu bisa berasal dari kelompok masyarakat besar, seperti Nahdlatul Ulama (NU). Bisa juga tokoh itu memang populer di masyarakat tertentu yang  populasinya besar.

Lebih lanjut Saidiman menyebut sejumlah nama, seperti Mahfud MD, Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa, dan mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, sebagai figur-figur potensial untuk menjadi pendamping Ganjar.

"Tokoh seperti Mahfud MD yang berasal dari organisasi NU dan populer di Jatim, atau Ridwan Kamil yang memiliki basis dukungan massa yang kuat di Jawa Barat, juga Khofifah yang populer di Jawa Timur, mungkin masuk kriteria ini," ujarnya.

Adapun soal integritas, Saidiman menyebut sosok Mahfud dan Sri Mulyani punya modal yang memenuhi kriteria itu.

Pengamat politik dari SMRC Saidiman Ahmad mengatakan ada dua kualitas personal yang penting untuk dimiliki pemimpin nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close