Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Covid-19 Dorong Pemda Mengevaluasi Laboratorium

Kamis, 05 November 2020 – 22:47 WIB
Satgas Covid-19 Dorong Pemda Mengevaluasi Laboratorium - JPNN.COM
Petugas medis melakukan tes usap atau swab test terhadap warga di Puskesmas Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 terus mendorong pemerintah daerah untuk melakukan evaluasi terhadap laboratorium.

Hal ini untuk membantu upaya testing secara maksimal dan menyeluruh, sebagai upaya deteksi dini terhadap kasus positif Covid-19 di daerahnya masing-masing.

"Menurut analisis data terjadi penurunan testing setiap akhir minggu ataupun saat libur panjang. Ini merupakan salah satu tantangan yang sedang kami coba selesaikan," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers virtual, Kamis (5/11).

Satgas pusat, katanya, terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk meningkatkan kapasitas laboratorium dan fasilitas pendukung lainnya seperti reagen.

Namun, masih terdapat kendala seperti wilayah testing yang luas dan jumlah masyarakatnya.

Dalam mendukung upaya testing, masyarakat dapat segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat jika mendapat gejala Covid-19.

Terkait menurunnya jumlah hasil testing, terdapat kendala pada alat testing dan tenaga pemeriksa.

Namun, dari waktu ke waktu sudah ditingkatkan. Koordinasi terus dilakukan dengan pemerintah daerah dan laboratorium-laboratorium untuk memastikan alat testing dan SDM yang dibutuhkan.

Upaya memperbanyak testing di daerah juga harus ditingkatkan untuk menangani Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close