Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas: Indonesia Terus Wujudkan Keadilan Vaksin bagi Semua

Kamis, 10 Juni 2021 – 10:31 WIB
Satgas: Indonesia Terus Wujudkan Keadilan Vaksin bagi Semua - JPNN.COM
Prof Wiku Adisasmito. Foto: dok covid19goid

jpnn.com, JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan Pemerintah Indonesia terus mendorong komitmen bersama dengan negara-negara anggota Asia Pacific Economic Community (APEC).

Hal ini untuk mewujudkan percepatan akses vaksin, obat-obatan, dan peralatan penunjang penanganan Covid-19 yang merata bagi dunia.

"Upaya ini bertujuan untuk memulihkan perekonomian, perdagangan, dan pariwisata di tingkat Asia Pacifik serta demi mewujudkan keadilan vaksin bagi semua," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Rabu (9/6).

Menurut dia, semua negara membutuhkan vaksin sebagai salah satu upaya menangani pandemi. Sebab, vaksin akan sangat efektif dalam mengendalikan pandemi Covid-19 apabila pemberiannya diberikan secara masif.

Oleh karena itu, Wiku menekankan Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mengakselerasi program vaksinasi. Termasuk terus berusaha untuk memenuhi ketersediaan vaksin, baik yang bersumber dari luar negeri atau dari produksi dalam negeri.

Dalam pelaksanaan program vaksinasi, pemerintah mendahulukan populasi yang memiliki risiko seperti warga lanjut usia (lansia) dan pralansia serta populasi kunci pembangunan nasional seperti guru.

Di samping itu, data per 8 Juni 2021, masyarakat yang telah menerima vaksin Covid-19 sudah mencapai 40,3 juta orang. Terdiri dari SDM kesehatan dan petugas pelayanan publik.

"Pemerintah pusat terus mendorong pemerintah daerah untuk terus melakukan peningkatan jumlah masyarakat yang menerima vaksin sehingga makin banyak yang terlindungi sekaligus meminimalisasi penularan yang terjadi di masyarakat," pungkas Wiku.(tan/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan komitmen Pemerintah Indonesia mengenai vaksin. Indonesia ingin semua negara mendapat akses vaksin yang seadil-adilnya.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close