Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Satgas Operasi Nemangkawi Sergap Gembong KKB Iris Murib, Dor!

Sabtu, 23 November 2019 – 08:17 WIB
Satgas Operasi Nemangkawi Sergap Gembong KKB Iris Murib, Dor! - JPNN.COM
Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw menjelaskan tentang tertangkapnya gembong KKB Iris Murib. Foto: ANTARA/Evarianus Supar

jpnn.com, JAYAPURA - Gembong kelompok kriminal bersenjata atau KKB di daerah Sinak Kabupaten Puncak, Papua, Iris Murib, ditembak anggota Satgas Operasi Nemangkawi, Kamis (21/11) sekitar pukul 14.21 WIT.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menjelaskan, sebelum ditangkap, Iris Murib pergerakannya sudah lama diikuti anggota Satgas.

"Iris Murib dibekuk tujuh personel Satgas Operasi Nemangkawi saat berada di Kali Pindah-Pindah di Distrik Iwaka, Kabupaten Mimika," kata Irjen Paulus di Timika, Sabtu (23/11).

Dikatakan, polisi terpaksa melumpuhkan Iris Murib karena melawan saat hendak diamankan.

"Yang bersangkutan sudah lama kami ikuti. Syukur dia masih hidup sehingga kami akan coba mengungkap jaringannya," kata Paulus.

Dijelaskan Kapolda Iris Murib memiliki rekam jejak dalam serangkaian aksi kekerasan di beberapa wilayah pedalaman Papua dalam beberapa tahun terakhir.

Pimpinan KKB Sinak itu tidak saja melakukan serangkaian aksi teror penembakan dan perampasan senjata api di Sinak, tetapi juga di Ilaga (ibu kota Kabupaten Puncak), Puncak Jaya hingga ke Bilogai Kabupaten Intan Jaya.

Desember 2014, kelompok Iris Murib merebut dan merampas senjata api dari tangan dua anggota Brimob saat sedang menyiapkan tempat acara untuk kegiatan Natal di Ilaga.

loading...