Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satgas Pastikan Pemerintah Pusat Dukung Penuh Penanganan Covid-19 di Kudus

Sabtu, 05 Juni 2021 – 09:31 WIB
Satgas Pastikan Pemerintah Pusat Dukung Penuh Penanganan Covid-19 di Kudus - JPNN.COM
Ilustrasi Covid-19. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah pusat akan memberikan bantuan kepada Pemda Kudus, Jawa Tengah, yang tengah menjadi sorotan saat ini. Hal ini menyusul kabupaten tersebut memiliki peningkatan kasus Covid-19 yang tinggi.

"Pemerintah pusat siap memberikan dukungan berupa dana siap pakai kepada pemerintah kabupaten Kudus, berikut bantuan lain seperti tenda isolasi, masker kain, dan hand sanitizer," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito di Graha BNPB, Jumat (4/6).

Berdasarkan catatan Satgas Penanganan Covid-19, Kabupaten Kudus menyumbang kasus terbanyak yang berkontribusi pada peningkatan di Jawa Tengah.

Provinsi tersebut mencatatkan kenaikan secara stagnan mulai minggu kedua Mei 2021 dan tertinggi secara nasional.

Di mana jumlahnya mengalami kenaikan 51 persen dibandingkan minggu sebelumnya. Melihat peta zonasi risiko, Jawa Tengah memiliki satu kabupaten/kota dalam zona merah yakni Kudus dan ada sepuluh kabupaten/kota masuk zona oranye, dua kabupaten/kota masuk zona kuning.

"Dan saat ini, untuk lonjakan di Kudus disebabkan kegiatan ziarah keagamaan dan tradisi kupatan pascaidulfitri. Saat ini pencegahan penularan dan penanganan kasus yang sudah ada. Metode Whole Genum Sequencing (WGS) sedang dilakukan di Kudus untuk mengetahui varian apa yang tersebar di daerah tersebut. Dan hasilnya akan diumumkan kemudian," kata dia.

Di samping itu, dalam upaya penanganan di berbagai daerah, pemerintah telah menyajikan perkembangan tingkat nasional secara rutin melalui publikasi data beserta analisisnya. Data ini bersumber dari pemerintah daerah dan terakumulasikan dibawah sistem data kesehatan yang dinaungi oleh Kementerian Kesehatan.

Keaktualan data yang tercatat ini dan akurasi di lapangan sangat bergantung pada sistem pelaporan dan transparansi sistem pencatatan.

Pemerintah pusat akan memberikan dukungan berupa dana siap pakai kepada Pemkab Kudus, berikut bantuan lain seperti tenda isolasi, masker kain, dan hand sanitizer.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close