Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Satu Menteri Melbourne Dipecat dan Dua Mundur, Mengapa Terjadi Begitu Cepat?

Selasa, 16 Juni 2020 – 21:26 WIB
Satu Menteri Melbourne Dipecat dan Dua Mundur, Mengapa Terjadi Begitu Cepat? - JPNN.COM
Marlene Kairouz menjadi menteri ketiga yang mundur di Victoria dalam beberapa hari terakhir. (Facebook)

Setelah disibukkan dengan pandemi COVID-19 selama beberapa bulan terakhir, politik di negara bagian Victoria, Australia, menghangat dalam beberapa hari terakhir dengan mundurnya tiga menteri sejauh ini.

Dalam dua hari terakhir yang sudah mundur atau dipecat adalah Adem Somyurek, Menteri Urusan Pemerintahan Lokal, yang berasal dari Partai Buruh yang berkuasa di Melbourne.

Dua menteri lainnya kemudian mengundurkan diri, yakni Robin Scott, yang merupakan asisten Menteri Keuangan, kemudian disusul oleh Marlene Kairouz, Menteri Urusan Masalah Konsumen

Dalam sistem politik di Australia semua pejabat baik di tingkat Federal maupun di negara bagian disebut Menteri.

Pemecatan atau mundurnya seorang menteri dari jabatan bukanlah hal yang aneh di negeri seperti Australia.

Namun yang tidak biasa dalam beberapa hari terakhir adalah pemecatan seorang menteri senior kemudian diikuti dengan pengunduran diri dua orang rekannya.

Apa penyebabnya?

Hari Minggu malam (14/06) salah satu jaringan televisi di Australia, Channel Nine dalam programnya bernama '60 Minutes' memuat rekaman pembicaraan yang dilakukan oleh Adem.

Dalam program tersebut Adem, yang direkam diam-diam, memberikan komentar bernada merendahkan politisi Partai Buruh lainnya, yang juga seorang menteri, Gabrielle Williams.

loading...