Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Satu Milyar Orang Kelaparan

Kamis, 15 Oktober 2009 – 08:48 WIB
Satu Milyar Orang Kelaparan - JPNN.COM
Foto : AFP
ROMA - Krisis pangan dan ekonomi global memicu angka kekurangan pangan di dunia meningkat. PBB melansir lebih dari satu miliar orang menderita kelaparan tahun ini. Data terakhir tersebut sekaligus mengonfirmasi prediksi yang dirilis awal tahun.

Badan PBB untuk Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) serta Program Pangan Sedunia (WFP) mengungkapkan 1,02 miliar orang di dunia mengalami kekurangan nutrisi. Bertambah 100 juta orang dari tahun lalu. Angka kelaparan tersebut merupakan yang tertinggi selama empat dekade terakhir."Melonjaknya angka kelaparan ini tidak bisa ditoleransi lagi," tegas Direktur Jenderal (Dirjen) FAO Jacques Diouf dalam rilis laporan tahunan angka kelaparan dunia.

Ironisnya, booming angka kelaparan itu tidak diakibatkan buruknya hasil panen pangan di dunia. Melainkan mahalnya harga kebutuhan pokok, khususnya di negara berkembang yang masyarakatnya berpendapatan rendah dan sedang mengalami masalah pengangguran. "(Sebenarnya, Red) Kita punya solusi secara teknis dan ekonomis untuk menanggulangi kelaparan. (Tapi) Yang tidak ada adalah keinginan politik kuat untuk menghapuskan kelaparan selama-lamanya," katanya seperti dikutip Reuters.

Data menyebutkan, bahkan sebelum terjadinya krisis pangan dan resesi ekonomi, angka orang yang kekurangan nutrisi terus meningkat selama satu dekade terakhir. Fakta itu merupakan kemunduran jika dibandingkan dengan pencapaian pada era 1980-an dan 1990-an.

ROMA - Krisis pangan dan ekonomi global memicu angka kekurangan pangan di dunia meningkat. PBB melansir lebih dari satu miliar orang menderita kelaparan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close