Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Saut Situmorang Sebut Firli Cs Bisa Ungkap Pelaku Penyerang Novel Baswedan Sebenarnya

Jumat, 19 Juni 2020 – 18:59 WIB
Saut Situmorang Sebut Firli Cs Bisa Ungkap Pelaku Penyerang Novel Baswedan Sebenarnya - JPNN.COM
Komjen Firli Bahuri. Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang menilai pimpinan lembaga antirasuah Firli Bahuri Cs punya peluang untuk membuka identitas pelaku penyerang Novel Baswedan yang sesungguhnya.

Menurut Saut, Firli Cs bisa membuka rahasia gelap itu dari dua polisi yang kini disidangkan, yaitu Ronny Bugis dan Rahmat Kadir.

Saut mengatakan, pada era kepemimpinannya, pihaknya tidak bisa mengaitkan unsur merintangi penyidikan karena pelakunya belum ditemukan.

Kala itu, banyak desakan untuk menerapkan Pasal 21 UU Tipikor tentang Perintangan Penyidikan dalam kasus teror terhadap Novel.

Dia menceritakan, pimpinan KPK saat itu, yakni Agus Rahardjo, Saut, Laode M Syarif, Basaria Panjaitan dan Alexander Marwata perlu waktu untuk mencari unsur-unsur perintangan penyidikan dalam kasus Novel.

"Ada beberapa orang yang sangat mendesak untuk menerapkan obstruction of justice. Namun mencari unsur itu yang perlu waktu ketika itu, karena belum ketemu siapanya (pelakunya)," kata Saut dalam sebuah diskusi melalui telekonferensi, Jumat (19/6).

Dia melanjutkan kala itu pimpinan bertanya-tanya teror air keras ini terkait dengan kasus korupsi mana yang sedang ditangani oleh Novel.

Pasalnya, Novel menangani cukup banyak kasus besar saat peristiwa penyiraman itu terjadi.

Firli Cs bisa membuka rahasia terkait pelaku penyerang Novel Baswedan sebenarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close