Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sayembara Desain Ibu Kota Negara Memasuki Babak Final

Sabtu, 21 Desember 2019 – 14:57 WIB
Sayembara Desain Ibu Kota Negara Memasuki Babak Final - JPNN.COM
Presiden Jokowi di sela-sela pengumuman finalis sayembara desain IKN di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (20/12). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, JAKARTA - Sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) yang baru sudah memasuki babak final. Jumat (20/12) kemarin, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan presentasi lima finalis di kantornya.

Pada saat itu, Jokowi mengapresiasi karya para peserta dan mengucapkan selamat atas pencapaian mereka yang berhasil masuk sampai ke tahap final. Di mana para finalis diseleksi dari 755 peserta yang mendaftar.

"Itu merupakan sebuah pencapaian yang sangat hebat dan sekarang dalam proses penilaian akhir dan salah satu dari bapak ibu semuanya akan jadi pemenang," kata Jokowi.

Jokowi mengaharapkan sebuah konsep yang visioner dari IKN. Apalagi dia sudah melihat langsung lokasinya beberapa hari lalu di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

"Lokasi yang ada di Sepaku itu memang sebuah lokasi perbukitan yang kalau bapak ibu sekalian nanti melihat ke sana pasti senang sekali, karena memudahkan untuk lebih memperbaiki konsep-konsep yang ada," jelas Jokowi.

Menurut Presiden ketujuh RI itu, IKN baru nanti bukan hanya berupa kota pintar, kompak, humanis, dan tanpa emisi saja, tetapi juga akan memiliki banyak klaster. Selain klaster pemerintahan, ada klaster pendidikan, kesehatan, riset dan inovasi, serta pusat keuangan.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Danis Hidayat Sumadilaga mengatakan, sayembara konsep dasar desain IKN diikuti 755 pendaftar. Dari jumlah itu, 292 peserta mengirimkan karyanya dan 257 di antaranya dinilai oleh dewan juri.

"Penilaian tahap satu terpilih 30 karya, tahap dua ada lima karya terbaik yang hari ini diundang untuk mempresentasikan konsep dan animasinya serta penjelasan lain yang diperlukan langsung di depan Bapak Presiden," kata Danis.

Sayembara desain Ibu Kota Negara (IKN) yang baru sudah memasuki babak final dan saat ini tersisa lima finalis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close