Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

SBY: Belanja Pemerintah Komponen Penting Pertumbuhan Ekonomi

Selasa, 10 Desember 2013 – 17:43 WIB
SBY: Belanja Pemerintah Komponen Penting Pertumbuhan Ekonomi - JPNN.COM

jpnn.com - BOGOR--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wapres Boediono menyerahkan langsung Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2014 kepada sejumlah pimpinan kementerian/lembaga dan gubernur seluruh Indonesia, di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/12).

Setelah pemberian itu, Presiden meminta DIPA 2014 segera ditindaklanjuti dan bisa diimplementasikan dengan tepat waktu.

"Jangan ada kemandekan. Setiap ada kemandekan akan berpengaruh terhadap hasil akhir pembangunan," kata Presiden dalam sambutannya.

Ia juga mengingatkan agar Kementerian/Lembaga serta kepala daerah menggunakan anggaran itu secara transparan dan dapat dipertanggungjawabkan.

Menurutnya, belanja pemerintah adalah komponen penting dalam pertumbuhan ekonomi. Terlebih lagi saat ini ekspor tengah mengalami tekanan, investasi pun dipengaruhi oleh kondisi global yang belum pulih benar. Oleh karena itu, Presiden mengingatkan agar anggaran digunakan secara efektif dan efisien.

"Saya harap anggaran digunakan secara tepat, transaparan, dan akuntabel. Cegah terjadinya penyimpangan. Jika ada keraguan dalam penggunaan anggaran, hendaknya dikonsultasikan dengan BPKP. Kalau ada masalah carikan solusi, jangan dibiarkan. BPKP harus memberikan asistensi. Saya ingin negara kita makin tertib, sistem kita makin bersih," tegas Presiden.

Sebelumnya Kementerian Keuangan melaporkan pada Presiden bahwa APBN 2014 disusun dengan menggunakan beberapa parameter ekonomi makro. Parameter tersebut, antara lain, pertumbuhan sebesar 6 persen, inflasi sebesar 5,5 persen, kurs rata-rata Rp 10. 500 per dolar AS, dan Surat Piutang Negara jangka 3 bulan sebesar 5,5 persen.

Kemudian harga minyak mentah rata-rata 105 dolar AS perbarel, lifting minyak sebesar 870 ribu barrel per hari, dan lifting gas sebesar 120 ribu per hari.

BOGOR--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Wapres Boediono menyerahkan langsung Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2014 kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA